This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Rabu, 31 Januari 2024

Masa Kampanye Pemilu, Polda Jateng Himbau Masyarakat Waspada Penyebaran Konten Radikal dan Terorisme di Media Sosia




SEMARANG - Polda Jateng|Polda Jawa Tengah mewaspadai peningkatan penyebaran paham Radikal melalui konten Media sosial pada masa kampanye pemilu 2024. 

Jaringan teroris dan kelompok radikal, disinyalir terus berupaya menggoyang stabilitas kamtibmas termasuk dengan memanfaatkan momentum pemilu dan isu-isu yang muncul untuk propaganda mereka.

"Untuk itu, masyarakat diharapkan bersikap bijak dan cerdas dalam bermedia sosial. Kelompok-kelompok berpaham radikal memanfaatkan berbagai platform media terutama media sosial. Ini ancaman nyata bagi stabilitas kamtibmas," kata Kabidhumas Polda Jawa Tengah, Kombes Satake Bayu Setianto dalam Konferensi Pers, Kamis (1/2/2023)


Jaringan teroris dan kelompok radikal, ungkapnya, memiliki agenda untuk menciptakan instabilitas kamtibmas dan krisis ketidakpercayaan terhadap proses demokrasi yang saat ini berlangsung di Indonesia. 

"Mereka menyebarkan ideologi yang tidak sesuai dengan Pancasila, Paham mereka juga tidak setuju dengan proses demokrasi," tandasnya

Disebutnya, jaringan teroris dan kelompok radikal terus beroperasi di Indonesia melalui sejumlah organisasi, diantaranya Jamaah Islamiyah.

Terakhir, tim Densus 88 Anti Teror Mabes Polri menangkap 10 terduga pelaku jaringan teror di sejumlah kota, antara lain ditangkap di Sukoharjo,  Surakarta,  Karanganyar dan Boyolali.


"Pengungkapan jaringan teroris ini terus dilakukan, Polri berupaya menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif khususnya saat ini, dimana rangkaian pentahapan Pemilu 2024 tengah dilaksanakan," tuturnya 


Di sisi lain, Kabidhumas menyorot tentang banyaknya kalangan muda yang terdaftar menjadi pemilih pada pemilu 2024.

"Jumlah prosentase pemilih pada Pemilu 2024 yang masuk kategori pemilih muda berdasarkan Daftar Pemilih Tetap Pemilu 2024 yang dikeluarkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mencapai kurang lebih 52 persen dari 204.807.222 pemilih di Indonesia," jelasnya

Kabidhumas menandaskan, kaum muda merupakan target utama kaderisasi kelompok Radikal dan jaringan teroris. Untuk itu, dirinya meminta orang tua, guru dan masyarakat untuk menjaga kalangan muda dari penyebaran kelompok-kelompok ini.

"Kaum muda atau remaja ini juga harus mawas diri. Mereka harus pandai memilih pertemanan dan mampu menyaring informasi yang beredar di media sosial," himbaunya 

Dirinya berharap, kalangan muda selaku kelompok mayoritas pengguna media sosial turut berpartisipasi aktif memberikan suara dalam pemilu 2024 dan tidak terpengaruh konten Hoax bernada radikalisme di media sosial.

"Jangan sampai golput apalagi tidak percaya dengan sistem Demokrasi dan bersikap intoleran terhadap Kebhinekaan yang ada di Indonesia," tegas Kabidhumas 

Disebutnya, Polri bersama instansi terkait lainnya terus melakukan himbauan dan sosialisasi agar masyarakat cerdas bermedia sosial dan tidak hanyut oleh narasi-narasi negatif tentang pemilu yang beredar.

"Bila ada konten-konten negatif termasuk yang mengarah pada Radikalisme, SARA atau intoleransi, silahkan dilaporkan. Nanti akan segera ditindaklanjuti," pungkasnya.

(Harun)

Dikunjungi Kaops NCS Polri, Gus Baha Doakan Pemilu 2024 Berlangsung Aman dan Damai



Kepala Operasi Nusantara Cooling System (Kaops NCS) Polri, Irjen Asep Edi Suheri melakukan sowan ke kediaman KH Ahmad Bahauddin Nursalim (Gus Baha) di Desa Narukan, Kecamatan Kragan, Rembang, Jawa Tengah, Rabu (31/1/2024). Kunjungan tersebut dalam rangka sinergisitas dengan ulama untuk menjaga kondusifitas dan situasi aman dan damai pada pelaksanaan pemilu 2024.

Pengasuh Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Lembaga Pendidikan Pengembang Ilmu Al-Qur'an (LP3IA) didampingi adiknya Gus Umam Nursalim menyambut hangat rombongan tamu yang dipimpin Kaops NCS Polri Irjen Asep Edi Suheri serta menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas kedatangannya di Pondok LP3IA Narukan.

Pada kesempatan itu, Irjen Asep menyampaikan tujuan sowan ke Gus Baha. Jenderal bintang dua ini meminta Gus Baha mengajak masyarakat Indonesia untuk menciptakan pemilu yang akan berlangsung dua pekan lagi agar terselenggara dengan aman dan damai. 

Agar pesta demokrasi ini berjalan sukses, Kaops NCS Polri juga berpesan masyarakat untuk menghindari politik identitas, penyebaran hoax dan juga isu SARA yang dapat memecah-belah persatuan dan kesatuan bangsa.

"Alhamdulillah kita disambut hangat oleh Gus Baha dan Gus Umam dengan tujuan mulia. Polri dalam hal ini Operasi Nusantara Cooling System mengajak seluruh elemen masyarakat Indonesia menciptakan pemilu aman dan damai. Jaga persatuan dan kesatuan yang menjadi jati diri bangsa Indonesia," kata Asep dalam keterangan tertulisnya.

Pada pertemuan silaturahmi tersebut Gus Baha mendoakan agar Polri sukses dalam melaksanakan tugas mengamankan Pemilu 2024 sehingga berjalan dengan aman, tertib serta kondusif. Gus Baha' juga mendoakan agar pelaksanaan Pemilu 2024 secara keseluruhan berlangsung dalam suasana damai dan harmonis.

Pada kesempatan itu pula, Gus Baha mengajak seluruh masyarakat untuk dapat menjaga kearifan dan menghormati perbedaan pendapat, menjaga keamanan, dan menjalani proses pemilihan secara adil. 

Terakhir Gus Baha berpesan agar seluruh masyarakat terutama para kontestan Pemilu 2024 baik Pileg maupun Pilpres berserta para pendukungnya mempunyai jiwa besar untuk mengutamakan kepentingan bersama demi memperkuat fondasi persatuan dan kesatuan bangsa.

Dalam silaturahmi tersebut, Irjen Asep didampingi Wakaops NCS, Brigjen Yuyun Yudhantara, Kasatgas Preventif Brigjen Himawan Bayu Aji, Kasatgas Humas Brigjen Gatot Repli Handoko, Wakasatgas Preemtif Kombes Dwi Suryo Cahyono dan Kaminops NCS Kombes Budi Hermawan.

((Rahmat)) 

Selasa, 30 Januari 2024

Tidak Punya Ongkos Ke Jakarta, Pelaku nekat melakukan aksi pencurian dengan pemberatan



(Indramayu) - Polsek Haurgeulis Polres Indramayu jajaran Polda Jabar berhasil menangkap  pelaku pencurian dengan pemberatan di wilayah hukum Polres Indramayu. 

Penangkapan tersebut, Polsek Haurgeulis  Indramayu berhasil menyita barang bukti berupa 1 unit sepeda motor Yamaha dan STNK nya serta kunci T untuk membobol kunci kontak.

2 orang tersangka pencurian tersebut berinisial E P laki-laki (26) tahun Warga Jakarta dan  T H laki-laki (24) Tahun warga kecamata haurgeulis

Kejadiannya Pada hari Jumat tanggal 26 Januari 2024, sekitar pukul 04.39 Wib ketika Kanit Reskrim Polsek Haurgeulis mendapat informasi dari masyarakat Dusun Cinini Desa Sumbermulya Kec.Haurgeulis Kab.Indramayu telah mengamankan 2 (dua) orang laki laki yang diduga pelaku curanmor, selanjutnya anggota Polsek Haurgeulis langsung menuju ke lokasi kejadian, selanjutnya pelaku berikut barang bukti dibawa ke kantor kepolisian sektor Haurgeulis guna di proses sesuai hukum yang berlaku.


Motifnya Pelaku nekat melakukan aksi pencurian dengan pemberatan, dikarenakan tersangka tidak mempunyai ongkos untuk pulang ke Jakarta. 

Tersangka kasus curanmor dijerat dengan Pasal 363 KUHP dengan ancaman pidana paling lama 7 tahun penjara. 

((Rahmat)) 

Kapolresta Cirebon Berikan Penyuluhan kepada Siswa SMK Sultan Agung



Cirebon,
Polresta Cirebon memberikan penyuluhan kepada para siswa SMK Sultan Agung, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Selasa (30/1/2024). Kegiatan penyuluhan tersebut disampaikan langsung Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Sumarni, S.I.K, S.H, M.H.

Dalam kesempatan itu, pihaknya turut menyampaikan pesan kamtibmas kepada para guru dan siswa SMK Sultan Agung. Ia juga mengingatkan para siswa untuk rajin belajar sehingga menjadi generasi emas di masa depan yang dapat membanggakan orang tua.

Ia pun mengingatkan, akhir-akhir ini banyak para pelajar yang terlibat dalam tindak pidana seperti tawuran, genk motor, obat-obatan dan lain sebagainya. Sehingga para siswa SMK Sultan Agung diminta jangan sampai terjerumus ke dalam hal-hal negatif.

"Para pelajar di SMK Sultan Agung adalah calon-calon pemimpin masa depan bangsa. Sehingga jangan sampai terjun atau terlibat dalam tindak pidana karena akan merugikan diri sendiri dan orang lain," kata Kombes Pol Sumarni, S.I.K, S.H, M.H.

Ia juga mengimbau para siswa untuk tertib berlalu lintas di jalan raya seperti memakai helm saat mengendarai sepeda motor, dan tidak menggunakan knalpot tidak sesuai spesifikasi teknis. Pasalnya, sejumlah kalangan masyarakat melaporkan masih adanya knalpot tersebut yang berkeliaran di jalan raya.

Ia meminta para pelajar untuk saling peduli, dan menegur pengendara yang masih menggunakan knalpot tidak sesuai spesifikasi teknis. Bahkan, ia pun mengingatkan para guru dan orang tua untuk mengawasi secara intensif pergaulan anak-anaknya agar tidak terjerumus ke hal-hal negatif.

"Dalam beberapa kali operasi kejahatan jalanan ditemukan keterlibatan kalangan remaja dalam kasus membawa senjata tajam atau lainnya. Sehingga para guru harus memaksimalkan pengawasan terhadap anak didiknya agar tidak terlibat tindakan pelanggaran hukum," kata Kombes Pol Sumarni, S.I.K, S.H, M.H.
(Cephy)

Polisi Ungkap Sindikat Penjualan BBM Subsidi di Indramayu



Indramayu,- Tiga pria di Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu, dengan inisial AF (28), MSA (22), dan W (41), tertangkap basah dalam kasus penyalahgunaan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi pemerintah. 

Mereka menjual BBM bersubsidi jenis solar dan pertalite di atas harga standar SPBU, menghasilkan keuntungan hingga Rp 7 juta per bulan.

Kapolres Indramayu, AKBP M. Fahri Siregar, menjelaskan bahwa kasus ini terungkap setelah polisi menerima laporan dari masyarakat. 

Mereka menggunakan modus operandi dengan berkolaborasi dalam pembelian BBM bersubsidi di SPBU menggunakan barcode dan surat rekomendasi dari Dinas Pertanian.

Pada Minggu (14/1/2024) sekitar pukul 16.30 WIB, polisi menangkap para pelaku sedang melakukan praktik penyalahgunaan BBM di Desa Jatimulya, Kecamatan Terisi. 

BBM bersubsidi yang seharusnya digunakan untuk kebutuhan petani tersebut ditimbun oleh tersangka W dan dijual kembali kepada pedagang bensin eceran dengan harga di atas subsidi pemerintah.

Dari hasil tangkap tangan polisi, sebanyak 100 liter solar bersubsidi dan 560 liter pertalite bersubsidi berhasil diamankan dari para tersangka. 

Selain itu, dalam penggeledahan rumah tersangka W, ditemukan lagi 100 liter BBM bersubsidi jenis solar dan pertalite.

AKBP M. Fahri Siregar menambahkan bahwa bisnis tersebut sudah mereka lakukan kurang lebih selama 1 tahun.

Sindikat tersebut menampung BBM bersubsidi jenis solar dan pertalite lalu menjualnya kembali kepada pedagang bensin eceran dengan harga di atas harga SPBU.

Dalam melancarkan aksinya, sindikat ini menggunakan modifikasi Mobil jenis Isuzu Panther untuk mengangkut BBM secara sembunyi-sembunyi dalam jerigen berkapasitas 35 liter. Ancaman hukumannya adalah 6 tahun penjara, kata AKBP M. Fahri Siregar didampingi Kasat Reskrim Polres Indramayu, AKP Hillal Adi Imawan dan Kasi Humas Polres Indramayu saat konferensi pers di Mapolres Indramayu, Selasa (30/1/2024) 


((Rahmat)) 

Dirtipidkor Bareskrim Usut Perkara Dugaan suap Pengurusan DID di Pemkot Balikpapan



Jakarta - Direktorat Tindak Korupsi (Dirtipidkor) Bareskrim Polri tengah mengusut dugaan suap terkait pengurusan Dana Insentif Daerah (DID) Tahun Anggaran 2018 di Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, Kalimantan Timur.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, kasus dugaan tindak pidana korupsi berupa pemberian sesuatu oleh penyelenggara negara pengurus DID adalah pengembangan kasus yang ditangani oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Kasus ini pengembangan perkara dari terpidana YP dan RS keduanya ASN di Kementerian Keuangan yang proses penyidikannya ditangani oleh KPK RI, yang kemudian pada 16 Agustus lalu menyerahkan penanganan perkara pihak pemberi suap terkait pengurusan DID kepada Dirtipidkor Bareskrim Polri," kata Trunoyudo dalam keterangan tertulis, Selasa (30/1/2024).

Mengenai pelimpahan penanganan perkara pemberi suap dari KPK ke Polri kata Trunoyudo merupakan hal yang wajar dalam upaya pemberantasan tindak pidana korupsi. "Ini bentuk sinergitas antara KPK dan Polri khususnya dalam hal ini Direktorat Tindak Pidana Korupsi," pungkas Trunoyudo.

Trunoyudo membeberkan bahwa kasus dugaan suap naik dari penyelidikan ke penyidikan pada 8 Januari 2024 lalu. Ia mengungkapkan pada Maret 2017 lalu, dimana RE selaku Walikota Balikpapan saat itu meminta seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) mencari cara untuk meningkatkan anggaran DID Kota Balikpapan untuk tahun 2018.

Akhirnya anak buah RE yaitu MM yang menjabat sebagai Kepala BPKAD meminta bantuan FI anggota BPK perwakilan Kaltim untuk meningkatkan anggaran DID. Akhirnya FI menghubungi YP yang merupakan ASN di Kemenkeu.

"Saudara YP akhirnya menghubungi RS yang juga ASN di Kemenkeu yang mengklaim bisa membantu mengurus dan mengarahkan agar Pemkot Balikpapan mengajukan surat usulan DID," terang Trunoyudo.

Lebih lanjut, Trunoyudo mengatakan Pemkot Balikpapan mengirimkan surat usulan DID untuk nantinya digunakan kegiatan di Dinas Pekerjaan Umum yang saat itu Kadis PU nya dijabat oleh TA. "FI menyampaikan kepada TA bahwa Kota Balikpapan mendapatkan dana Rp26 miliar," kata Truno.

Namun dalam pengurusan tersebut, ada permintaan fee dari YP dan RS sebesar 5 persen atau sekitar Rp1,36 miliar dari jumlahDID yang diberikan. Apabila tidak diberikan, maka DID tersebut akan diserahkan ke daerah lain.

Akhirnya TA mengiyakan permintaan fee yang diminta oleh YP dan RS melalui FI sebagai imbalan pengurusan DID. "Uang tersebut ditaruh ke dalam dua buku tabungan, yang kemudian buku tabungan dan kartu ATM beserta PIN diserahkan ke YP dan RS melalui FI," bebernya

Dalam Rangka Meningkatkan Keakraban: Bhabinkamtibmas Polsek Sukahaji Sambangi Penggilingan Kayu di Desa Indrakila



Majalengka, Dalam upaya untuk menjalin keakraban antara Polri dan masyarakat, Bripka Ayi Mega, Bhabinkamtibmas polsubsektor Sindang Polsek Sukahaji Polres Majalengka Polda Jabar, melaksanakan kunjungan ke Penggilingan Kayu yang berada di wilayah Desa Indrakila, Kecamatan Sindang, Kabupaten Majalengka, pada Selasa (30/01/2024).

Kegiatan sambang ini dilakukan dengan tujuan untuk lebih memahami kondisi serta kebutuhan masyarakat di sekitar wilayah hukum Polsek Sukahaji. Dengan mengunjungi penggilingan kayu, Bripka Ayi Mega dapat berinteraksi langsung dengan para pekerja dan pemilik usaha di sektor tersebut.

Selain bersilaturahmi, Bripka Ayi Mega juga menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada para pekerja dan pemilik penggilingan kayu. Hal ini meliputi himbauan untuk selalu menjaga keamanan di sekitar tempat kerja, menghindari pelanggaran hukum, serta saling mendukung untuk menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif.

Dalam kesempatan tersebut, Bripka Ayi Mega juga mengajak para pekerja dan pemilik usaha untuk berperan aktif dalam menjaga keamanan wilayah. Dengan adanya sinergi antara polisi dan masyarakat, diharapkan dapat tercipta lingkungan yang harmonis dan mendukung kelancaran aktivitas sehari-hari.

Kapolres Majalengka AKBP Indra Novianto, S.I.K., M. Si., CPHR melalui Kapolsek Sukahaji AKP Erik Riskandar S.H., M.H, didampingi Kapolsubsektor Sindang IPTU Yayan Suripatna,S.,H, menyampaikan bahwa kehadiran Polri tidak hanya sebagai penegak hukum, tetapi juga sebagai mitra yang siap membantu masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban. "Kami hadir untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan bersama-sama menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman," ujar AKP Erik Riskandar.

Dengan terus dilakukannya kegiatan sambang seperti ini, diharapkan dapat memperkuat hubungan positif antara Bhabinkamtibmas dan masyarakat, serta membantu dalam menyelesaikan potensi masalah atau kendala yang dihadapi oleh masyarakat setempat.((Rahmat)) 

#PolriHumanis, #PolriPresisi, #AyoJagaPersatuandanKesatuanBangsa, #CintaKebhinekaan, #spripimpoldajabar, #Spripim.polri, #Humaspoldajabar,

Bripka Andi Sambangi Warga di Desa Pasirayu untuk Jaga Kamtibmas



Majalengka – Sesuai dengan arahan dari Kapolres Majalengka AKBP Indra Novianto, S.I.K. M.Si,.CPHR melalui Kapolsek Sukahaji AKP. Erik Riskandar, S.H., M.H.melalui Bripka Andi, Bhabinkamtibmas Polsubsektor Sindang Polsek Sukahaji Polres Majalengka Polda Jabar, terus berupaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah binaannya. Pada Selasa (30/01/2024), Bripka Andi melaksanakan kegiatan sambang dan dialogis di Desa Pasirayu, Kecamatan Sindang, Kabupaten Majalengka.

Dalam kunjungannya, Bripka Andi aktif berinteraksi langsung dengan warga Desa Pasirayu. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah memberikan imbauan-imbauan terkait dengan keamanan dan ketertiban masyarakat. Bripka Andi memanfaatkan kesempatan ini untuk memberikan informasi terkini mengenai situasi kamtibmas di wilayah binaannya.

Melalui dialog yang hangat, Bripka Andi memberikan himbauan tentang pentingnya kerjasama antara polisi dan masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif. Imbauan tersebut mencakup langkah-langkah pencegahan tindak kriminalitas, upaya menjaga keamanan di lingkungan, serta peran aktif masyarakat dalam pelaporan kejadian yang mencurigakan.

Bripka Andi juga menjelaskan bahwa kegiatan sambang dan dialogis merupakan bentuk nyata dari Polri yang ingin mendekatkan diri dengan masyarakat. "Kami hadir di tengah-tengah masyarakat untuk mendengarkan aspirasi, memberikan imbauan, dan menciptakan kebersamaan dalam menjaga keamanan wilayah ini," ungkap Bripka Andi.

Warga Desa Pasirayu merespon positif kehadiran Bripka Andi dan mengapresiasi upaya Bhabinkamtibmas dalam memberikan pemahaman dan dukungan kepada masyarakat. Mereka berharap kerjasama yang baik antara polisi dan warga dapat memperkuat ikatan keamanan di desa mereka.

Kegiatan ini mencerminkan komitmen Bhabinkamtibmas Polsubsektor Sindang untuk terus aktif dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, menjaga keamanan, dan membangun hubungan yang erat antara polisi dan warga binaan.((Rahmat)) 

#PolriHumanis, #PolriPresisi, #AyoJagaPersatuandanKesatuanBangsa, #CintaKebhinekaan, #spripimpoldajabar, #Spripim.polri, #Humaspoldajabar,

Polisi Kawal Pendistribusian Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah di Majalengka



MAJALENGKA - Kepolisian Sektor Dawuan,Polres Majalengka,Polda Jabar, turut serta dalam pengamanan dan monitoring kegiatan pendistribusian Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah (BP - CBP) Tahun 2024 di wilayah Kecamatan Dawuan Kabupaten Majalengka pada Senin sore (29/1/2024). Kegiatan ini dipimpin oleh Wakapolsek Dawuan, IPTU Agus Wahyudin, yang mewakili Kapolsek Dawuan, IPTU Asep Saepudin, S.Pd, bersama anggota kepolisian.

Pendistribusian Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah (BP - CBP) tahun 2023 di Wilayah Kecamatan Dawuan Kabupaten Majalengka dihadiri oleh Penjabat Bupati Majalengka, Drs. H. Dedi Supandi, M.Si, Sekretaris Daerah Kabupaten Majalengka, Drs. H. Eman Suherman, MM, Muspika, PT. Bulog, dan PT. Pos Persero.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memastikan distribusi bantuan pangan berjalan lancar dan merata kepada keluarga penerima manfaat (KPM) di wilayah tersebut. PJ Bupati Kabupaten Majalengka, Drs. H. Dedi Supandi, M.Si, juga ikut serta dalam pendistribusian, menunjukkan komitmen pemerintah dalam membantu masyarakat yang membutuhkan.

Pada kesempatan tersebut, keluarga penerima manfaat (KPM) mendapatkan bantuan beras seberat 10 Kg yang disalurkan oleh Badan Urusan Logistik (Bulog) melalui PT. Pos Persero. Jumlah pendistribusian mencapai 3.034 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk 11 Desa di Kecamatan Dawuan Kabupaten Majalengka.

Kapolres Majalengka, AKBP Indra Novianto, S.I.K., M.Si., CPHR., melalui Wakapolsek Dawuan IPTU Agus Wahyudin, menyampaikan bahwa kehadiran kepolisian dalam kegiatan ini adalah untuk memastikan keamanan dan kelancaran proses pendistribusian, serta menjaga ketertiban di lokasi.

Wakapolsek Dawuan, IPTU Agus Wahyudin, mengungkapkan, "Kami berharap dengan adanya keterlibatan kepolisian dalam pendistribusian bantuan ini, prosesnya dapat berjalan dengan baik dan dapat membantu meringankan beban masyarakat di tengah kondisi ekonomi yang sulit."ujarnya.

Semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini diharapkan dapat bekerja sama secara sinergis untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat yang menjadi keluarga penerima manfaat. Pendistribusian bantuan pangan ini diharapkan dapat menjadi salah satu langkah konkrit dalam mendukung kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Majalengka.((Rahmat)) 


#PolriHumanis, #PolriPresisi, #AyoJagaPersatuandanKesatuanBangsa, #CintaKebhinekaan, #spripimpoldajabar, #Spripim.polri, #Humaspoldajabar,

Pastikan Aman, Kapolsek Sukahaji Bersama Forkopincam Monitoring Pendistribusian Logistik Pemilu 2024



MAJALENGKA - Dalam rangka memastikan kelancaran dan keamanan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Kapolsek Sukahaji Polres Majalengka, AKP Erik Riskandar, bersama dengan Forkopincam Sukahaji, melakukan monitoring terhadap pendistribusian logistik pemilu, khususnya bilik suara. Kegiatan ini dilakukan pada Selasa (30/1/2024) di Aula Ponpes Al Azhar Desa Sukahaji, Kecamatan Sukahaji, Kabupaten Majalengka.

AKP Erik Riskandar didampingi Kanit Samapta IPDA Riyana dan unsur Forkopincam Sukahaji turut memastikan proses kedatangan logistik pemilu 2024, terutama Bilik Suara, dari Gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) menuju Gudang Logistik Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Sukahaji. Logistik tersebut diserahkan oleh KPU Majalengka kepada PPK Sukahaji, yang selanjutnya diterima oleh Sdr. Lalan Surahman. Barang logistik pemilu 2024 disimpan dan disusun dengan rapi di Aula Ponpes Al Azhar Desa Sukahaji.

Serangkaian kegiatan pendistribusian logistik, khususnya Bilik Suara Pemilu Tahun 2024, dari KPU Majalengka ke PPK Sukahaji akan terus dilakukan secara bertahap dan terjadwalkan di Kantor KPU Majalengka.

Kapolres Majalengka, AKBP Indra Novianto, melalui Kapolsek Sukahaji AKP Erik Riskandar, menjelaskan bahwa kegiatan pengamanan ini merupakan bagian dari upaya Polsek Sukahaji Polres Majalengka untuk menjamin keamanan dan ketertiban menjelang pelaksanaan Pemilu 2024 yang sebentar lagi akan diadakan.

"Tugas kami adalah untuk memastikan bahwa setiap tahapan pendistribusian logistik pemilu berjalan dengan lancar, aman, dan tertib. Kami bekerja sama dengan Forkopincam Sukahaji untuk memastikan semua aspek keamanan terpenuhi," tutup Kapolsek Sukahaji AKP Erik Riskandar.

Pendistribusian logistik pemilu yang dilakukan dengan ketertiban dan pengawasan yang baik diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam melaksanakan hak suaranya pada Pemilu 2024 mendatang.((Rahmat)) 

#PolriHumanis, #PolriPresisi, #AyoJagaPersatuandanKesatuanBangsa, #CintaKebhinekaan, #spripimpoldajabar, #Spripim.polri, #Humaspoldajabar,

Senin, 29 Januari 2024

Keluarga Korban Kasus Pembunuhan Mengucapkan Terima Kasih kepada Jajaran Kepolisian



Majalengka, - Keluarga FN (34), korban dalam kasus pembunuhan yang terjadi di depan halaman SD Negeri Simpeureum II, Jalan Natakara No 35, Kelurahan Simpeureum, Kecamatan Cigasong, Kabupaten Majalengka, pada Minggu (28/1/2024), menyampaikan rasa terima kasih kepada jajaran kepolisian, terutama Polres Majalengka, Bapak Kapolres Majalengka, dan Tim Polda Jabar.

Korban FN yang ditemukan meninggal dunia dalam kejadian tragis tersebut, meninggalkan duka mendalam bagi keluarga. Namun, langkah cepat dan sigap yang diambil oleh jajaran kepolisian dalam mengungkap kasus ini menjadi penenang bagi keluarga yang ditinggalkan.

Salah Satu keluarga korban sebagai juru bicara keluarga menyampaikan, "Kami keluarga besar FN mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Kapolres Majalengka AKBP Indra Novianto, S.I.K., M.Si., CPHR, dan seluruh jajaran kepolisian yang telah bekerja keras dalam mengungkap dan menangkap pelaku pembunuhan yang menimpa anak kami."ucapnya.

Ia juga menambahkan, "Kami merasa lega dan bersyukur atas dedikasi serta profesionalisme yang ditunjukkan oleh seluruh anggota kepolisian, baik di tingkat Polres Majalengka, maupun Tim Polda Jabar yang terlibat dalam penangkapan pelaku."ungkapnya.

Selain itu, Ia juga menyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang turut membantu memberikan informasi yang berguna dalam proses penyelidikan dan penangkapan. "Semoga tindakan kejam seperti ini tidak terulang lagi di masyarakat, dan kita dapat hidup dalam keamanan dan ketentraman," tambahnya.

Pihak keluarga FN berharap agar proses hukum berjalan dengan adil dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Mereka meminta doa restu dan dukungan dari seluruh pihak dalam menghadapi cobaan berat ini. "Semoga keluarga kami diberikan kekuatan untuk menghadapi kehilangan ini. Terima kasih kepada semua yang telah membantu," ungkap Salah satu keluarga Korban dengan tulus.

Pernyataan terima kasih dari keluarga korban menjadi penyemangat bagi jajaran kepolisian dalam menjalankan tugasnya demi mewujudkan keadilan dan ketertiban di masyarakat.((Rahmat)) 

#PolriHumanis, #PolriPresisi, #AyoJagaPersatuandanKesatuanBangsa, #CintaKebhinekaan, #spripimpoldajabar, #Spripim.polri, #Humaspoldajabar,

Polres Majalengka Ungkap Kasus Pembunuhan selama 36 Jam



Majalengka, - Dalam waktu singkat, Polres Majalengka beserta Tim Polda Jabar berhasil mengungkap kasus pembunuhan yang mengguncang warga Simpeureum. Konferensi pers digelar di halaman Sat Reskrim Polres Majalengka Polda Jabar pada Selasa (30/1/2024), membahas perkembangan terkini terkait tragedi di depan SD Negeri Simpeureum II, Jalan Natakara No 35, Kelurahan Simpeureum, Kecamatan Cigasong, Kabupaten Majalengka, yang terjadi pada Minggu, 28 Januari 2024, sekitar pukul 05.45 WIB.

Korban, FN (34) warga Desa Kadipaten, ditemukan dalam kondisi tragis oleh saksi Sdr. N, tergeletak tengkurap di depan SDN Simpeureum II dengan luka bacokan pada wajah, tangan kiri, dan tangan kanan.

Kapolres Majalengka, AKBP Indra Novianto, S.I.K., M.Si., CPHR, memberikan kronologi kejadian berdasarkan hasil penyelidikan awal. Tersangka, TD (34) warga Kecamatan Sukahaji, Kabupaten Majalengka, merasa tersinggung dan kesal karena ditagih hutang oleh korban.

Dipicu oleh rasa tersinggung, tersangka gelap mata dan melakukan pembacokan menggunakan parang lebih dari lima kali tebasan ke arah muka korban. Korban berusaha membela diri dengan menangkis menggunakan kedua tangannya, menyebabkan tangan korban terluka, hingga akhirnya korban meninggal dunia.

Setelah perbuatannya yang keji, tersangka kabur dengan membawa sepeda motor, handphone, dan tas berisikan uang tunai senilai Rp. 1.270.000,- milik korban. Tersangka dijerat dengan Tindak Pidana Pembunuhan sesuai Pasal 338 KUHP, atau Tindak Pidana Pencurian dengan Kekerasan mengakibatkan matinya orang sesuai Pasal 365 ayat (3) KUHP, atau Tindak Pidana Penganiayaan yang menyebabkan kematian sesuai Pasal 351 ayat (3) KUHP, dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara.

Tersangka TD berhasil ditangkap pada Senin, 29 Januari 2024, sekitar pukul 21.20 WIB di area pesawahan masuk Blok Sawah Kiara Rambay, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang. Proses penyelidikan dan penyidikan masih berlangsung untuk mengungkap motif dan detail lebih lanjut terkait tragedi ini. Warga diharapkan tetap tenang dan memberikan dukungan kepada aparat kepolisian dalam menyelesaikan kasus ini.((Rahmat)) 

#PolriHumanis, #PolriPresisi, #AyoJagaPersatuandanKesatuanBangsa, #CintaKebhinekaan, #spripimpoldajabar, #Spripim.polri, #Humaspoldajabar,

Kabaharkam Polri Lepas 111 Personel Amankan TPS Luar Negeri: Jalankan Tugas dengan Baik



Jakarta - Sebanyak 111 personel kepolisian diberangkatkan ke luar negeri untuk mengamankan Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN), Senin (29/1/2024). Kabaharkam Polri Komjen Mohammad Fadil Imran berpesan agar para anggota untuk menjalankan tugas dengan baik.

Fadil yang saat ini menjabat sebagai Kepala Operasi Mantap Brata 2024 mengatakan, bahwa sesuai yang diamanatkan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bahwa ratusan personel yang berangkat harus menjalankan tugas dengan baik. Tidak hanya mengamankan TPSLN, namun juga berkoordinasi dengan petugas TPSLN dan KBRI.

"Tadi sudah disampaikan pesan bapak Kapolri untuk betul-betul menjunjung tinggi tugas dengan baik, mengawal pengamanan dengan baik, ditambah dengan koordinasi karena tugas personel ini di TPSLN bukan hanya mengamankan proses pemungutan suara tapi juga melakukan koordinasi awal petugas TPSLN dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia," kata Fadil usai kegiatan Pre Departure Briefing (PDB) dan Apel Pemberangkatan Satgas PAM TPSLN Operasi Mantap Brata 2024 di Pusat Misi Internasional Polri Serpong, Banten.

Fadil mengatakan, 111 personel akan diberangkatkan ke Malaysia, Singapura, Taiwan, Hongkong, Australia, Belanda dan Arab Saudi. Dikatakannya, lokasi TPSLN tidak hanya berada di KBRI dan Konsulat Jenderal, namun juga ada yang dilaksanakan di luar kedutaan. Nah, untuk itu kata dia, pentingnya koordinasi dengan Kedubes dan pihak berwenang negara setempat.

Dengan segala keterbatasan yang ada di lokasi pemungutan suara di luar negeri, diharapkan proses Pemilu 2024 bisa berjalan baik. Ia mengungkapkan bahwa ada 2.3 juta WNI yang akan mencoblos di luar negeri.

Fadil menuturkan, seluruh personel sudah disiapkan dengan baik bilamana ada hal-hal kontijensi. Pasalnya, dari Divisi Hubungan Internasional (Divhubinter) Polri bersama KPU, Bawaslu dan Kementerian Luar Negeri telah memberikan bimbingan teknis.

"Sedikit gambaran mengenai penempatan personel pada masing-masing TPSLN tentu akan disesuaikan dengan karakteristik wilayah, jumlah pemilih, jarak dari kedutaan dan sebagainya," ujarnya.

Polri kata Fadil juga mempedomani segala aturan baik dari KPU dan regulasi negara-negara tetangga. Misalnya, dalam proses pengamanan pemungutan suara, anggota tidak memakai seragam dinas, hanya menggunakan seragam sipil biasa dan dibekali rompi.

Dirinya berharap tidak ada kendala yang seperti dihadapi pada Pemilu 2019 lalu. Dimana kekurangan surat suara dan antrean panjang masyarakat yang ingin mencoblos. "Tapi semua itu sudah diantsipasi oleh tim bersinergi dengan KPU, bersinergi dengan kementerian luar negeri agar persoalan seperti itu bisa diatasi," tandas Fadil.


((Rahmat)) 

Minggu, 28 Januari 2024

Hadiri Bimtek, Kapolsek Cikijing Imbau Jaga Netralitas Sebagai KPPS.



Majalengka - Kapolsek Cikijing Polres Majalengka Polda Jabar AKP Rudy Djunardi M, S.H., M.H. menghadiri acara Pembinaan Teknis (Bintek) bagi anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Desa Jagasari, Desa Cilangcang dan Desa Cipulus untuk Pemilu 2024 yang diselenggarakan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Cikijing di Gedung Serbaguna Desa Jagasari, Kecamatan Cikijing, Kabupaten Majalengka, Senin (29/01/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Cikijing Dani Lutfi Daniar, S.Sos., Kp., Kapolsek Cikijing AKP Rudi Djunardi M, S.H., M.H., Danramil 1705 Cikijing Kapten Inf. Dadang Purnomo, Ketua PPK Cikijing beserta anggota dan Ketua KPPS, Anggota PPS Desa Jagasari, Desa Cilangcang dan Desa Cipulus.

Adapun pelaksanaan Bimtek KPPS Cikijing meliputi Desa Jagasari 105 orang, Desa Cilangcang 35 orang dan Desa Cipulus 63 orang yang bertujuan untuk mempersiapkan KPPS agar dapat memahami tugas pokok yang harus di laksanakan di TPS, sekaligus dapat memahami cara pengisian model C.C1 dan lampirannya, pemungutan dan penghitungan sura di TPS dapat berjalan lancar aman dan kondusif. jaga netralitas sebagai KPPS di tempat pemungutan suara (TPS) untuk terlaksananya Pemilu Damai 2024.

Sementara itu, Kapolres Majalengka AKBP Indra Novianto, S.I.K., M.Si., CPHR. melalui Kapolsek Cikijing AKP Rudy Djunardi M, S.H., M.H. menyampaikan pentingnya pelaksanaan tugas sebagai anggota KPPS dengan penuh tanggung jawab.

Kapolsek juga mengingatkan para peserta Bimtek untuk memahami seluruh prosedur dan tata cara dalam penyelenggaraan pemungutan suara agar dapat berjalan dengan lancar dan tertib.

"Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada anggota KPPS, sehingga mereka siap dan mampu menjalankan tugasnya dengan baik saat pelaksanaan Pemilu 2024 nanti," tutup Kapolsek.


#PolriHumanis 
#PolriPresisi 
#AyoJagaPersatuandanKesatuanBangsa 
#CintaKebhinekaan 
#spripimpoldajabar 
#Spripim.polri 
#Humaspoldajabar

Demi Terciptanya Wilayah Hukum Yang Kondusif, Polsek Cikijing Tak Henti Lakukan Operasi Pekat.



Majalengka - Personil Polsek Cikijing Polres Majalengka Polda Jabar Ps. Panit Lantas Aiptu Ade Deni H bersama Bhabinkamtibmas Briptu Fadli melakukan razia minuman keras ke sejumlah lokasi yang diindikasi tempat penjualan dan peredaran minuman beralkohol. Razia kali ini dilaksanakan di wilayah hukum Polsek Cikijing, Senin (29/01/2024).

Hasil dari operasi maupun razia tersebut, Personil Polsek Cikijing berhasil mengamankan beberapa barang bukti minuman beralkohol di depot jamu milik RP (38) di Blok Cibodas Desa Cidulang, Kecamatan Cikijing, Kabupaten Majalengka.

"Kami harap warga masyarakat turut berperan aktif dalam pemberantasan penyakit masyarakat, salah satunya melaporkan tempat-tempat yang disinyalir menjual miras, perjudian dan adanya praktik prostitusi. Sehingga terciptanya situasi kamtibmas yang aman, damai dan kondusif." kata Aiptu Ade Deni.

Di tempat terpisah, Kapolres Majalengka AKBP Indra Novianto, S.I.K., M.Si., CPHR. melalui Kapolsek Cikijing AKP Rudy Djunardi M, S.H., M.H., mengatakan, "Tujuan operasi pekat ini tidak lain untuk menekan terjadinya gangguan Kamtibmas yang bermula dari miras."(Rahmat) 


#PolriHumanis 
#PolriPresisi 
#AyoJagaPersatuandanKesatuanBangsa 
#CintaKebhinekaan 
#spripimpoldajabar 
#Spripim.polri 
#Humaspoldajabar

Personil Polsek Cikijing Sambangi Objek Vital Perbankan, Berikan Imbauan Kepada Nasabah Bank BNI



Majalengka - Personil Polsek Cikijing dari Polres Majalengka Polda Jabar, yang terdiri dari Ps. Kasie Humas Bripka Deby, Ka SPKT ll Aipda Mustopa, dan Bhabinkamtibmas Bripka Achmad Supriyono, melaksanakan kegiatan sambang di salah satu objek vital perbankan. Mereka memberikan imbauan dan upaya menciptakan rasa aman kepada para nasabah Bank BNI KCP Cikijing yang sedang melakukan transaksi pada Senin (29/01/2024).

Langkah ini diambil sebagai bagian dari strategi pihak kepolisian dalam meminimalisir dan mengantisipasi potensi gangguan kamtibmas, termasuk pencurian dengan kekerasan, pencurian dengan pemberatan, dan upaya penipuan di sekitar wilayah tersebut.

"Bertujuan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat yang tengah beraktivitas di Bank BNI KCP Cikijing, kami melakukan sambang ke objek vital perbankan ini. Kehadiran kami juga sebagai upaya preventif untuk menjaga keamanan di sekitar lingkungan perbankan," ungkap Bripka Deby, Ps. Kasie Humas Polsek Cikijing.

Dalam kegiatan tersebut, petugas memberikan imbauan kepada nasabah untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian selama melakukan transaksi. Mereka juga mengingatkan agar tidak membagi informasi pribadi terlalu banyak kepada orang yang tidak dikenal.

Di tempat terpisah, Kapolres Majalengka Polda Jabar AKBP Indra Novianto,S.I.K.,M.Si., CPHR., melalui Kapolsek Cikijing AKP Rudy Djunardi M, S.H., M.H. menyampaikan, "Patroli ini adalah bagian dari upaya kami dalam menciptakan situasi kondusif dan mencegah terjadinya tindak kejahatan, seperti perampokan atau pencurian dengan kekerasan. Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dan menjaga keamanan masyarakat di wilayah Kecamatan Cikijing."pungkasnya.

Patroli yang dilakukan oleh anggota Polsek Cikijing diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam menciptakan wilayah yang aman, nyaman, dan kondusif bagi masyarakat. Pihak kepolisian akan terus melakukan langkah-langkah preventif demi menjaga ketertiban dan keamanan di sekitar objek vital perbankan dan area publik lainnya.

#PolriHumanis, #PolriPresisi, #AyoJagaPersatuandanKesatuanBangsa, #CintaKebhinekaan, #spripimpoldajabar, #Spripim.polri, #Humaspoldajabar,

Cintai Generasi Penerus Bangsa, Personil TNI-Polri Di Cikijing Sambangi Anak-anak SD.



Majalengka – Panit Binmas Polsek Cikijing Polres Majalengka Polda Jabar IPDA Cecep Sumahadi bersama Anggota Koramil 1705 Cikijing Serka Sudarno menunjukan kecintaannya kepada generasi muda dengan menyambangi anak-anak yang sedang bermain di Desa Bagjasari, Kecamatan Cikijing, Kabupaten Majalengka, Senin (29/01/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Panit Binmas memberikan pesan kepada anak-anak tentang pentingnya pendidikan dan sikap baik terhadap sesama.

"Saya ingin mengajak kalian semua untuk selalu rajin belajar di sekolah. Pendidikan adalah kunci untuk meraih masa depan yang lebih baik. Juga, mari kita saling menghormati dan tidak melakukan bullying terhadap teman-teman kita. Kita harus menjadi teman yang baik dan memberikan dukungan satu sama lain," ujar Panit Binmas.

Di tempat terpisah, Kapolres Majalengka AKBP Indra Novianto, S.I.K., M.Si., CPHR. melalui Kapolsek Cikijing AKP Rudy Djunardi M, S.H., M.H. mengatakan, "Keberadaan polisi bukan hanya sebagai penegak hukum, tetapi juga sebagai teman dan teladan bagi masyarakat, terutama generasi muda. Pesan positif yang disampaikan akan memberikan dampak jangka panjang dalam membentuk mental dan perilaku anak-anak."

Sambang kepada anak-anak ini adalah langkah konstruktif dalam membangun hubungan yang positif antara polisi dan masyarakat, khususnya anak-anak. Diharapkan, pesan-pesan baik yang disampaikan dapat memberikan inspirasi dan membantu membentuk generasi yang tangguh dan berakhlak mulia.


#PolriHumanis 
#PolriPresisi 
#AyoJagaPersatuandanKesatuanBangsa 
#CintaKebhinekaan 
#spripimpoldajabar 
#Spripim.polri 
#Humaspoldajabar

Sambangi Pemuda Nongkrong, Bhabinkamtibmas Polsek Cikijing Bripka Achmad Supriyono Imbau Tidak Gunakan Knalpot Brong.



Majalengka - Bhabinkamtibmas Polsek Cikijing Polres Majalengka Polda Jabar Bripka Achmad Supriyono menggelar patroli malam untuk menciptakan rasa aman di wilayah hukum Polsek Cikijing, Senin (29/01/2024).

Kegiatan patroli ini dilakukan rutin di lokasi-lokasi yang dianggap rawan gangguan kamtibmas yang disertai dengan  imbauan serta pesan-pesan Kamtibmas.

Dalam kegiatan Patroli tersebut, Bripka Achmad  menyambangi Pemuda yang tengah nongkrong serta memberi imbauan agar tidak nongkrong larut malam, serta menjauhi miras, narkoba dan kenakalan remaja lainnya serta mengimbau para pemuda agar tidak menggunakan knalpot brong karena dapat mengganggu ketertiban umum.

Di tempat terpisah, Kapolres Majalengka AKBP Indra Novianto, S.I.K., M.Si., CPHR. melalui Kapolsek Cikijing AKP Rudy Djunardi M, S.H., M.H. mengatakan bahwa "Kegiatan patroli yang dilakukan personil Polsek Cikijing tersebut adalah untuk monitoring situasi di wilayah hukum Polsek Cikijing. Terutama yang menjadi sasaran pengamanan merupakan objek yang dinilai rawan kejadian tindak pidana maupun gangguan Kamtibmas lainnya."


#PolriHumanis
#PolriPresisi 
#AyoJagaPersatuandanKesatuanBangsa 
#CintaKebhinekaan 
#spripimpoldajabar 
#Spripim.polri 
#Humaspoldajabar

Jelang Pemilu 2024, Personil Polsek Cikijing Tak Henti Sampaikan Imbauan Kamtibmas Kepada Warga.



Majalengka - Dalam rangka menjalin tali silaturahmi sekaligus menciptakan suasana sejuk menjelang Pemilu 2024, Ps. Panit Lantas Polsek Cikijing Polres Majalengka Polda Jabar Aiptu Ade Deni H bersama Ka SPKT lll Aipda Endang Kosasih melaksanakan kegiatan sambang kepada warga di Desa Cikijing, Kecamatan Cikijing, Kabupaten Majalengka, Senin (29/01/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Petugas menyampaikan bahwa kegiatan ini dalam rangka menciptakan suasana sejuk dimasyarakat ditengah suhu politik yang sudah mulai memanas terkait rangkaian Pemilu yang sudah berjalan, peran aktif dari seluruh lapisan masyarakat dalam menjaga keamanan, kerukunan antar warga maupun kerukunan antar umat beragama guna menciptakan situasi aman kondusif sangat diperlukan.

"Selalu bijak dalam menyikapi perkembangan politik, jangan jadikan perbedaan pandangan dan pilihan politik yang ada ditengah warga masyarakat kita menjadi sumber perpecahan, perbedaan harus menjadi sumber kekuatan untuk menuju Indonesia lebih maju," pesannya.

Di tempat terpisah, Kapolres Majalengka AKBP Indra Novianto, S.I.K., M.Si., CPHR. melalui Kapolsek Cikijing AKP Rudy Djunardi M, S.H., M.H. menyampaikan terimakasih kepada seluruh jajaran yang sudah aktif melaksanakan patroli sambang di wilayah, sampaikan kepada semua lapisan masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga keamanan dan kerukunan serta tidak mudah percaya dengan berita hoax, selalu bijaksana dalam menyikapi perkembangan politik dan menghargai perbedaan dan pilihan politiknya demi terwujudnya keamanan dan kondusif serta Suksesnya Pemilu Tahun 2024.


#PolriHumanis 
#PolriPresisi 
#AyoJagaPersatuandanKesatuanBangsa 
#CintaKebhinekaan 
#spripimpoldajabar 
#Spripim.polri 
#Humaspoldajabar

Kanit Binmas Polsek Maja Menjadi Pelopor Keselamatan Anak Sekolah di Jalan Maja-Banjaran



Majalengka, Dalam upaya meningkatkan keselamatan anak-anak sekolah di wilayah hukumnya, Kanit Binmas Polsek Maja,Polres Majalengka,Polda Jabar, Bripka Sahabudin, aktif terlibat dalam pengaturan lalu lintas dan membantu menyeberangkan anak sekolah di Jalan Maja-Banjaran, Kabupaten Majalengka, pada Senin (29/1/2024).

Kegiatan pengaturan lalu lintas ini dilakukan sebagai langkah preventif untuk menjaga keselamatan anak-anak yang sedang melintas jalan menuju sekolah. Bripka Sahabudin berperan sebagai pelopor dan contoh bagi masyarakat dalam menjaga ketertiban berlalu lintas dan keselamatan anak-anak.

Dalam kesempatan tersebut, Bripka Sahabudin tidak hanya mengatur lalu lintas, tetapi juga secara aktif membantu menyeberangkan anak-anak sekolah. Tindakan ini mencerminkan peran Polsek Maja dalam memberikan pelayanan dan keamanan kepada masyarakat, terutama dalam situasi yang melibatkan anak-anak.

Kapolres Majalengka, AKBP Indra Novianto, S.I.K., M.Si., CPHR.,didampingi Kapolsek Maja AKP Kenedy Joko Lelono mengapresiasi inisiatif dan dedikasi Kanit Binmas Polsek Maja, Bripka Sahabudin. "Langkah proaktif ini sangat penting untuk menciptakan lingkungan yang aman bagi generasi muda kita. Keterlibatan polisi dalam membantu anak-anak menyeberang jalan adalah bentuk nyata kepedulian terhadap keselamatan dan kesejahteraan masyarakat," ujar Kapolres.

Diharapkan, kegiatan semacam ini dapat menginspirasi masyarakat untuk lebih memperhatikan keselamatan anak-anak di sekitar wilayahnya dan bersama-sama menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi pertumbuhan dan perkembangan generasi penerus.

#PolriHumanis, #PolriPresisi, #AyoJagaPersatuandanKesatuanBangsa, #CintaKebhinekaan, #spripimpoldajabar, #Spripim.polri, #Humaspoldajabar,

Kanit Samapta Polsek Sukahaji Jadi Pembina Upacara Sosialisasi Larangan Gunakan Knalpot Brong dan Kenakalan Remaja



Majalengka, Jajaran Polres Majalengka Polda Jabar gencar melaksanakan edukasi dan sosialisasi larangan pengunaan knalpot tidak standar (brong) diwilayah Kabupaten Majalengka. Selain sasaran toko ataupun bengkel motor, sosialisasi tersebut juga dilakukan kepada para pelajar sekolah.

Hal tersebut seperti yang disampaikan oleh Kanit Samapta Polsek Sukahaji Polres Majalengka IPDA Riyana saat menjadi Pembina upacara di SMA Negeri 1 Sukahaji, Senin (29/1/2024).

Kapolres Majalengka AKBP Indra Novianto melalui Kapolsek Sukahaji AKP Erik Riskandar menyampaikan kegiatan tersebut dengan memberikan materi edukasi dan juga sosialisasi larangan pengunaan kalpot brong pada sepeda motor saat Kanit Samapta menjadi pembinan upacara ataupun apel pagi. kata Kapolsek.

"Kegiatan ini juga sebagai tindak lanjut atensi dari Kapolda Jabar dan Kapolres Majalengka  untuk mewujudkan Jawa Barat khususnya Kabupaten Majalengka Zero knalpot brong dalam rangka Kamseltibcarlantas dan kenyamanan selama proses Pemilu 2024," terangnya.

Selain menyampaikan larangan gunakan kalpot brong, dalam kesempatan tersebut Kanit Samapta IPDA Riyana juga memberikan materi tentang upaya penanggulangan kenakalan remaja dan bahaya penyalahgunaan Narkoba.

Terkait penggunanaan Knalpot yang tidak standar, Kapolsek menyebutkan bahwa larangan penggunaan knalpot brong tersebut dikarenakan mengganggu kenyamanan masyarakat karena bunyi yang dikeluarkan terlalu bising. Selain itu penggunaan knalpot brong juga tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku.

"Kepada para siswa kami himbau untuk tidak menggunakan knalpot brong pada kendaraannya. Hal tersebut selain mengganggu kenyamanan, penggunaan knalpot brong juga dilarang karena tidak sesuai standar," lanjutnya.

Kapolsek menambahkan bahwa, seluruh jajaran di Polres Majalengka di Intruksikan untuk memberikan edukasi dan sosialisasi. Kegiatan tersebut, lanjut Kapolsek diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat akan peraturan lalu lintas terkait penggunaan knalpot yang tidak standar.

"Dengan terus digencarkannya sosialisasi ini, diharapkan mampu mengurangi penggunaan knalpot brong di jalan raya sehingga dapat menciptakan Kabupaten Majalengka yang lebih kondusif dan nyaman bagi semua pihak," pungkasnya.

Bhabinkamtibmas Polsek Cikijing Briptu Fadli Aktif Sambangi Warganya Guna Berikan Imbauan Kamtibmas.



Majalengka - Guna meningkatkan kondusifitas Kamtibmas menjelang Pemilu 2024, Bhabinkamtibmas Polsek Cikijing Polres Majalengka Polda Jabar Briptu Fadli terus aktif dalam menjalin kedekatan dengan warga binaan di Desa Jagasari, Kecamatan Cikijing, Kabupaten Majalengka, Senin (29/01/2024).

Pada kesempatan tersebut, Briptu Fadli mengatakan, "Saat ini rangkaian pesta demokrasi sudah mulai berjalan, tentunya diantara warga akan ada perbedaan pandangan dan pilihan politik, jangan jadikan perbedaan tersebut sumber perpecahan diantara warga, baik sebelum, pada saat dan setelah pemilu, waspadai hoax, tetap jaga kerukunan dan kesatuan antar warga, mari sukseskan Pemilu tahun 2024,"

Sambang Kamtibmas ini mendapat sambutan positif dari warga Desa Jagasari yang merasa dihargai dengan kehadiran langsung dari kepolisian. Keterlibatan masyarakat dalam upaya menjaga keamanan diharapkan dapat menciptakan situasi yang kondusif menjelang Pemilu 2024, sehingga masyarakat dapat berpartisipasi dalam proses demokrasi dengan tenang dan nyaman.

Di tempat terpisah, Kapolres Majalengka AKBP Indra Novianto, S.I.K., M.Si., CPHR. melalui Kapolsek Cikijing AKP Rudy Djunardi M, S.H., M.H. mengatakan, "Kami mengajak seluruh warga masyarakat untuk bersama-sama menjaga kondisi Kamtibmas agar proses Pemilu dapat berlangsung dengan lancar dan tanpa hambatan."


#PolriHumanis 
#PolriPresisi 
#AyoJagaPersatuandanKesatuanBangsa 
#CintaKebhinekaan 
#spripimpoldajabar 
#Spripim.polri 
#Humaspoldajabar

Sambangi Pengendara Ojek, Ps. Panit Lantas Polsek Cikijing Beri Imbauan Tertib Berlalu Lintas.



Majalengka - Banyak cara yang dilakukan jajaran Kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, salah satu caranya adalah dengan patroli dialogis dan patroli sambang. Seperti yang dilaksanakan oleh Ps. Panit Lantas Polsek Cikijing Polres Majalengka Polda Jabar Aiptu Ade Deni kepada pengendara ojek di Pertigaan Cikijing, Kecamatan Cikijing, Kabupaten Majalengka, Senin (29/01/2024).

Kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya Polsek Cikijing untuk menekan angka kriminalitas, dengan cara memberikan imbauan-imbauan Kamtibmas kepada tukang ojek pangkalan dan tidak lupa mengingatkan para tukang ojeg pangkalan agar berhati-hati ketika berkendara dan selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas.

"Patroli dialogis ini sebagai langkah antisipasi dan pencegahan terjadinya tindak pidana, kita ajak juga para tukang ojek untuk peduli lingkungan sekitar." terang Aiptu Ade Deni.

Di tempat terpisah, Kapolres Majalengka AKBP Indra Novianto, S.I.K., M.Si., CPHR. melalui Kapolsek Cikijing AKP Rudy Djunardi, S.H., M.H. mengatakan bahwa, "Kami akan terus menjalin komunikasi dengan semua lapisan masyarakat untuk menjaga kondusifitas Kamtibmas dan menyampaikan imbauan untuk mewaspadai maraknya curanmor dan gangguan kamtibmas lainnya."


#PolriHumanis 
#PolriPresisi 
#AyoJagaPersatuandanKesatuanBangsa 
#CintaKebhinekaan 
#spripimpoldajabar 
#Spripim.polri 
#Humaspoldajabar

Sinergitas TNI-Polri Di Cikijing Dalam Rangka Meningkatkan Kerjasama Menjaga Keamanan Wilayah.



Majalengka - Personil Polsek Cikijing Polres Majalengka Polda Jabar Ps. Panit Lantas Aiptu Ade Deni H bersama anggota Koramil 1705 Cikijing Serda Supito menjalin sinergitas TNI/Polri dalam rangka memberikan rasa aman kepada masyarakat di Wilkum Polsek Cikijing, Senin (29/01/2024).

Aiptu Ade Deni menjelaskan atau menerangkan bahwa menjalin sinergitas dengan anggota Koramil yang dilakukan atau dilaksanakannya tersebut dalam rangka meningkatkan kerja sama antara Polsek Cikijing bersama Koramil Cikijing dalam pelaksanaan tugas Harkamtibmas.

Aiptu Ade Deni juga mengatakan "Melalui kegiatan ini diharapkan antara personil Polsek Cikijing dan Koramil Cikijing dapat saling mengenenal dan bersinergi dalam pelaksanaan tugas pelayanan keamanan kepada masyarakat yang ada di Kecamatan Cikijing." 

Apabila kerja sama antar TNI dan polri berjalan dengan baik maka hal tersebut juga akan membawa dampak besar bagi pihak polri dan TNI. Dengan begitu keamanan yang ada di sekitar masyarakat akan terus terjaga di setiap saat nya.

Di tempat terpisah, Kapolres Majalengka AKBP Indra Novianto, S.I.K,. M.Si., CPHR. melalui Kapolsek Cikijing AKP Rudy Djunardi M, S.H., M.H. mengatakan, Setiap anggota Polri dan TNI harus mempertahankan kerjasama dan kekompakan agar hubungan terus terjalin dengan baik dan damai. Bukan hanya akur di pihak TNI dan polri namun juga masyarakat. Masyarakat merupakan pendukung kekuatan bagi polri dan TNI. Dengan adanya dukungan dari masyarakat maka akan semakin semangat juga dalam mengayomi masyarakat.


#PolriHumanis 
#PolriPresisi 
#AyoJagaPersatuandanKesatuanBangsa 
#CintaKebhinekaan 
#spripimpoldajabar 
#Spripim.polri 
#Humaspoldajabar

Bhabinkamtibmas Polsek Majalengka Kota Menjalankan Patroli Dialogis Di Desa Kulur



Majalengka - Sesuai dengan arahan dari Kapolres Majalengka Polda Jabar AKBP Indra Novianto,S.I.K.,M.Si., CPHR., Kapolsek Majalengka Kota AKP Iwan Sutari,S.IP.,M.AP melalui Bhabinkamtibmas Polsek Majalengka Kota dari Polres Majalengka Polda Jabar, Bripka Dede Sulaeman, aktif menjalankan kegiatan patroli dialogis dengan konsep cooling system di wilayah Desa Kulur, Kecamatan Majalengka, Kabupaten Majalengka pada Senin (29/1/2024).

Kegiatan patroli dialogis ini tidak hanya sekadar menjaga keamanan, tetapi juga untuk mendekatkan diri kepada masyarakat, salah satunya dengan menyambangi pedagang siomay di desa tersebut. Bripka Dede Sulaeman berharap konsep "cooling system" ini dapat menciptakan hubungan yang lebih akrab antara kepolisian dan masyarakat.

"Dengan mendekati pedagang siomay dan warga desa, kami ingin menunjukkan bahwa kepolisian adalah bagian dari masyarakat. Kami tidak hanya hadir di saat-saat genting, tetapi juga sebagai mitra masyarakat sehari-hari," ungkap Bripka Dede.

Selama kegiatan patroli, Bripka Dede memberikan imbauan kepada pedagang siomay dan warga sekitar terkait pentingnya menjaga situasi keamanan dan ketertiban menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Bhabinkamtibmas berperan aktif dalam menciptakan pemahaman yang baik di antara masyarakat, dengan harapan Pemilu berlangsung damai dan kondusif.

"Kami ingin menciptakan pemahaman bersama bahwa pemilu adalah proses demokrasi yang harus dijalankan dengan damai dan tertib. Kami berharap wilayah Majalengka selalu dalam keadaan aman dan kondusif," tambahnya.

Para pedagang siomay dan warga desa menyambut baik kehadiran Bripka Dede Sulaeman. Mereka berterima kasih atas imbauan yang diberikan dan merasa dihargai sebagai bagian dari masyarakat yang berkontribusi dalam menjaga keamanan.

Kegiatan patroli dialogis ini merupakan salah satu bentuk upaya kepolisian dalam menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat serta menciptakan rasa saling percaya dan kerjasama. Pihak kepolisian akan terus melaksanakan kegiatan serupa guna menciptakan keamanan dan ketertiban di seluruh wilayah Majalengka.

#PolriHumanis, #PolriPresisi, #AyoJagaPersatuandanKesatuanBangsa, #CintaKebhinekaan, #spripimpoldajabar, #Spripim.polri, #Humaspoldajabar,

Operasi Mantap Brata, Briptu Fajar Sambang Dan Beri Pesan Kamtibmas Di Wilayah Polsek Majalengka



Majalengka - Dalam rangka menjaga situasi keamanan yang kondusif, jajaran Polsek Majalengka dari Polres Majalengka, Polda Jabar, melaksanakan Operasi Mantap Brata. Giat ini dipimpin oleh Briptu Fajar, yang melaksanakan sambang dan memberikan pesan kamtibmas kepada warga, Senin (29/01/2024).

Kegiatan ini dilaksanakan dengan pendekatan langsung kepada masyarakat untuk menjalin silaturahmi yang lebih erat. Selain itu, Briptu Fajar juga menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada warga sekitar, sekaligus menyerap informasi terkini yang berkembang di wilayah hukum Polsek Majalengka.

Dalam penyampaian pesan kamtibmas, Briptu Fajar mengajak warga untuk berperan aktif dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban di lingkungan sekitar. Ia menekankan pentingnya kerjasama antara kepolisian dan masyarakat dalam menciptakan suasana yang aman dan kondusif.

Kapolres Majalengka Polda Jabar AKBP Indra Novianto,S.I.K.,M.Si., CPHR., melalui Kapolsek Majalengka, AKP Iwan Sutari, S.IP., M.AP., menjelaskan bahwa kegiatan silaturahmi dan pesan kamtibmas ini dilakukan di berbagai titik di wilayah hukum Polsek Majalengka. Hal ini sebagai bentuk pelayanan Polri dalam mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif, terutama menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Dalam kesempatan kegiatan tersebut, dilakukan himbauan kamtibmas sekaligus untuk bersinergi bersama-sama agar berperan aktif dalam menciptakan situasi yang aman dan kondusif menjelang pelaksanaan Pemilu 2024," ungkap Kapolsek Majalengka.

Masyarakat yang mendapat kunjungan dari Briptu Fajar menyambut baik kehadiran petugas kepolisian dan berkomitmen untuk bekerja sama dalam menjaga keamanan wilayah mereka. Operasi Mantap Brata ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam menciptakan lingkungan yang aman, tertib, dan kondusif di wilayah Polsek Majalengka.

#PolriHumanis, #PolriPresisi, #AyoJagaPersatuandanKesatuanBangsa, #CintaKebhinekaan, #spripimpoldajabar, #Spripim.polri, #Humaspoldajabar,

Bhabinkamtibmas Polsek Cigasong Menyambangi Peternak Kambing Di Desa Kawunghilir



Majalengka - Sesuai dengan arahan dari Kapolres Majalengka Polda Jabar AKBP Indra Novianto,S.I.K.,M.Si., CPHR., Kapolsek Cigasong IPTU Adeng melalui Bhabinkamtibmas Polsek Cigasong dari Polres Majalengka Polda Jabar, Bripka Agus Rohman, melakukan kunjungan ke peternak kambing di wilayah Desa Kawunghilir, Kecamatan Cigasong, Kabupaten Majalengka pada Senin (29/1/2024). Kunjungan ini dalam rangka memberikan imbauan terkait kamtibmas kepada para peternak dan masyarakat setempat.

Bripka Agus Rohman menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada peternak kambing, menjelaskan pentingnya kerjasama dan partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan mereka. Selain itu, ia juga memberikan imbauan terkait tata cara keamanan di sekitar area peternakan.

"Dengan mendekati peternak kambing, kami ingin memastikan bahwa wilayah ini tetap aman dan kondusif. Kami juga memberikan tips keamanan kepada para peternak agar terhindar dari potensi tindak kejahatan," ungkap Bripka Agus Rohman.

Selama kunjungan, Bhabinkamtibmas juga berdialog dengan para peternak, mendengarkan keluhan atau masukan, serta menjelaskan peran penting masyarakat dalam menciptakan situasi yang aman. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya kepolisian untuk meningkatkan sinergi dengan masyarakat dan menjalin hubungan yang baik.

Kepala Desa Kawunghilir, dalam tanggapannya, mengapresiasi kehadiran Bripka Agus Rohman dan mengatakan, "Kami berterima kasih kepada Bhabinkamtibmas yang selalu hadir di tengah-tengah masyarakat. Ini menjadi wujud nyata dari kepedulian pihak kepolisian terhadap keamanan dan kenyamanan warga."ungkapnya.

Bripka Agus Rohman berharap kunjungan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya keamanan dan ketertiban di wilayah mereka. Kegiatan serupa akan terus dilakukan sebagai bagian dari komitmen kepolisian dalam menjaga keamanan dan membangun hubungan yang baik dengan masyarakat.

#PolriHumanis, #PolriPresisi, #AyoJagaPersatuandanKesatuanBangsa, #CintaKebhinekaan, #spripimpoldajabar, #Spripim.polri, #Humaspoldajabar,

Bhabinkamtibmas Polsek Majalengka Kota Mengajak Masyarakat Songsong Pemilu 2024 Damai Di Kelurahan Cijati



Majalengka - Dalam persiapan menyongsong Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang aman dan damai, Bhabinkamtibmas Polsek Majalengka Kota dari Polres Majalengka Polda Jabar, Bripka Roy Ronal Komara Sandi, mengambil inisiatif untuk mengajak masyarakat yang sedang berkumpul di wilayah Kelurahan Cijati, Kecamatan Majalengka, Kabupaten Majalengka pada Senin (29/01/2024).

Dengan semangat penuh, Bripka Roy Ronal Komara Sandi menyampaikan pesan-pesan penting tentang menjaga kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) di tengah-tengah kumpulan masyarakat. Ia menekankan pentingnya kerjasama dan partisipasi aktif seluruh warga dalam menciptakan suasana yang kondusif menjelang pelaksanaan Pemilu.

"Songsong Pemilu 2024 dengan damai. Saya mengajak kita semua untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan kita. Kita harus menciptakan suasana yang kondusif agar Pemilu berjalan dengan lancar dan aman," ujar Bripka Roy Ronal Komara Sandi.

Selama pertemuan tersebut, Bhabinkamtibmas berdialog dengan masyarakat, mendengarkan aspirasi, serta memberikan informasi terkait tata cara menjaga kamtibmas di sekitar tempat tinggal mereka. Ia juga memberikan imbauan agar masyarakat selalu meningkatkan kewaspadaan dan melaporkan segala hal yang mencurigakan kepada pihak berwenang.

Kapolres Majalengka Polda Jabar AKBP Indra Novianto,S.I.K.,M.Si., CPHR., melalui Kapolsek Majalengka, AKP Iwan Sutari, S.IP., M.AP.,, dalam tanggapannya, menyatakan apresiasi terhadap inisiatif Bripka Roy Ronal Komara Sandi dalam mengajak masyarakat menjaga kamtibmas. "Kerjasama antara kepolisian dan masyarakat sangat penting dalam menciptakan lingkungan yang aman. Kita bersama-sama membangun keamanan dan ketertiban di wilayah Majalengka," ungkapnya.

Bripka Roy Ronal Komara Sandi berharap kunjungan ini dapat membangkitkan kesadaran masyarakat untuk bersama-sama menciptakan lingkungan yang aman dan damai. Kegiatan serupa akan terus dilakukan sebagai langkah nyata dalam menjaga stabilitas keamanan di wilayah Kelurahan Cijati dan sekitarnya menjelang Pemilu 2024.

#PolriHumanis, #PolriPresisi, #AyoJagaPersatuandanKesatuanBangsa, #CintaKebhinekaan, #spripimpoldajabar, #Spripim.polri, #Humaspoldajabar,

Brikpa Andi Husain Alwi Lakukan Sambang Ke Warga Binaan Desa Karayunan Untuk Ciptakan Keamanan Dan Ketertiban



Majalengka - Bhabinkamtibmas Polsek Cigasong Polres Majalengka Polda Jabar untuk Desa Karayunan, Bripka Andi Husain Alwi, memperlihatkan keaktifannya dalam menciptakan situasi keamanan dan ketertiban yang aman serta kondusif di wilayah Desa Karayunan, Kecamatan Cigasong, Kabupaten Majalengka pada Senin (29/1/2024). Kegiatan sambang kepada warga binaan menjadi salah satu upaya konkret Bhabinkamtibmas untuk menjaga kemanan dan ketertiban masyarakat.

Dalam kegiatan sambang tersebut, Bripka Andi Husain Alwi mendatangi beberapa warga binaan di Desa Karayunan. Tujuan utamanya adalah untuk mendengarkan aspirasi warga, memberikan imbauan terkait kamtibmas, serta membangun hubungan yang lebih erat antara kepolisian dengan masyarakat.

Menanggapi kegiatan tersebut, Kapolres Majalengka, AKBP Indra Novianto, S.I.K, M.Si., CPHR., melalui Kapolsek Cigasong, Iptu Adeng, menjelaskan bahwa kegiatan sambang merupakan bagian dari kewajiban Bhabinkamtibmas. Hal ini dilakukan agar Bhabinkamtibmas selalu berada di tengah-tengah masyarakat, menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Desa binaannya.

"Bhabinkamtibmas yang aktif dalam kegiatan sambang ini berperan penting untuk terpeliharanya keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Desa Karayunan. Melalui interaksi langsung dengan warga, informasi tentang kondisi di desa dapat dihimpun dan diantisipasi sebelum terjadi," ujar Iptu Adeng.

Bripka Andi Husain Alwi, yang rutin melaksanakan kegiatan di wilayah Desa Karayunan, menyampaikan bahwa sambang merupakan cara efektif untuk membangun hubungan yang baik antara Bhabinkamtibmas dengan pemerintah desa dan warga masyarakat. Kegiatan ini tidak hanya membangun kepercayaan, tetapi juga memastikan bahwa segala bentuk informasi yang berkaitan dengan keamanan dapat diatasi dengan cepat dan tepat.

"Masyarakat harus merasa nyaman dan percaya dengan kepolisian. Melalui kegiatan seperti ini, kita bisa saling berkomunikasi dan bersinergi untuk menjaga keamanan wilayah kita bersama-sama," ucap Bripka Andi Husain Alwi.

Kegiatan sambang oleh Bhabinkamtibmas ini menjadi contoh baik dalam menjaga keterbukaan, mendengar aspirasi masyarakat, serta memberikan pelayanan dan imbauan yang bersifat preventif. Pihak kepolisian diharapkan terus aktif dalam menjaga kemanan dan ketertiban masyarakat demi terwujudnya situasi yang aman dan kondusif di Kabupaten Majalengka.

#PolriHumanis, #PolriPresisi, #AyoJagaPersatuandanKesatuanBangsa, #CintaKebhinekaan, #spripimpoldajabar, #Spripim.polri, #Humaspoldajabar,

Aipda Zaenal, Bhabinkamtibmas Polsek Sukahaji, Keliling Desa Dan Sambangi Warga Serta Berikan Imbauan Kamtibmas



Majalengka - Aipda Zaenal, Bhabinkamtibmas Polsek Sukahaji dari Polres Majalengka Polda Jabar, menunjukkan dedikasinya dalam menjaga kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) dengan melakukan kegiatan keliling desa dan menyambangi warga di wilayah Desa Sukahaji, Kecamatan Sukahaji, Kabupaten Majalengka pada Senin (29/1/2024).

Dalam rangka membangun kedekatan dengan masyarakat, Aipda Zaenal turun langsung ke lapangan dengan mengelilingi desa binaannya. Selama kegiatan tersebut, ia menyambangi rumah-rumah warga yang dijumpainya, memberikan imbauan kamtibmas, dan mendengarkan berbagai aspirasi serta keluhan dari masyarakat.

Aipda Zaenal menjelaskan bahwa kegiatan keliling desa ini merupakan salah satu strategi untuk menjaga keamanan dan ketertiban di tingkat lokal. "Saya ingin memastikan bahwa masyarakat merasa aman dan nyaman. Kegiatan ini juga memungkinkan saya untuk memberikan imbauan kamtibmas secara langsung kepada warga," ujar Aipda Zaenal.

Dalam imbauannya, Bhabinkamtibmas mengingatkan masyarakat terkait pentingnya kerjasama dalam menciptakan keamanan. Ia juga memberikan tips-tips keamanan dan mengajak warga untuk selalu waspada terhadap potensi gangguan kamtibmas di sekitar lingkungan mereka.

apolres Majalengka Polda Jabar AKBP Indra Novianto, S.I.K., M.Si., CPHR.,Kapolsek Sukahaji AKP Erik Riskandar,S.H.,M.H., dalam tanggapannya, menyampaikan apresiasi terhadap upaya Aipda Zaenal dalam menjaga hubungan yang baik dengan masyarakat. "Kegiatan seperti ini sangat penting untuk menciptakan keterbukaan antara kepolisian dan masyarakat. Saling berkomunikasi akan memperkuat kerjasama dalam menciptakan situasi yang aman dan kondusif di desa," kata Kapolsek.

Warga Desa Sukahaji juga menyambut baik kehadiran Aipda Zaenal. Mereka mengungkapkan rasa terima kasih atas imbauan dan perhatian yang diberikan oleh Bhabinkamtibmas. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi seluruh warga Desa Sukahaji.

#PolriHumanis, #PolriPresisi, #AyoJagaPersatuandanKesatuanBangsa, #CintaKebhinekaan, #spripimpoldajabar, #Spripim.polri, #Humaspoldajabar,

Polri Tangkap 2 Pelaku Tindak Pidana Perdagangan Orang




Direktorat Tindak Pidana Umum (Dittipidum) Bareskrim Polri menangkap dua tersangka kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di wilayah Cileungsi, Bogor, Jawa Barat dan Ciledug, Tangerang, Banten.

Dua tersangka tersebut yakni Suarty B Riartika alias Tika dan Ani Puji Astutik alias Elisa. Keduanya ditangkap pada Kamis, 25 Januari 2024.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, penangkapan kedua tersangka berawal dari Pekerja Migran Indonesia (PMI) sebanyak 10 orang diberangkatkan ke luar negeri pada bulan Desember 2022-Februari 2023 secara bertahap.

"Para terlapor melakukan perekrutan tersebut menjanjikan kepada para korban bekerja sebagai Asisten Rumah Tangga (ART) di Erbil dengan gaji sebesar 300 dolar," kata Trunoyudo dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (27/1/2024).

Setelah adanya persetujuan para korban tersebut dibuatkan paspor dan diberikan uang fee yang bervariasi dari Rp 3 juta-13 juta. Setelah selesai pembuatan paspor tersebut dan tanpa adanya medical check up, para korban dikirimkan ke luar negeri oleh tersangka Elis dengan negara tujuan Turki melalui Bandara Soekarno Hatta dan Bandara Juanda Surabaya.

Para korban diberangkatkan ke Turki dengan mengunakan visa wisata, dan saat berada di Turki para korban diserahkan ke agensi yang bernama Muhammad dan ditampung di sebuah apartemen yang dijaga oleh orang bernama Yakub.

"Barang milik korban seperti paspor, handphone dan juga pakain para korban di ambil dan amankan oleh Muhammad dan Yakub," katanya.

Saat di penampungan tersebut, para korban sebanyak 26 orang dimasukkan ke dalam satu kamar dan dilarang untuk berbicara. Jika ada yang berbicara akan dihukum.

"Para korban berada di penampungan bervariasi lamanya yaitu 1 mingguan sampai 2 bulan, dengan alasan para korban belum di kirim ke Erbil untuk dipekerjakan karena masih menunggu visa," ucapnya.

Karena lama menunggu di penampungan, para korban tersebut meminta bantuan sekuriti apartemen dan melaporkan kejadian tersebut ke Kepolisian Turki sehingga dilakukan penggerebekan.

"Dari penggerebekan tersebut para PMI diserahkan ke KJRI Istanbul dan korban dipulangkan ke Indonesia," katanya.

Mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini mengungkapkan peran tersangka Tika adalah menampung para korban sebelum di terbangkan ke luar negeri. Sedangkan tersangka Elisa berperan sebagai agensi di Jakarta yang memberangkatkan para korban ke Turki.

Kedua tersangka pun dijerat Tindak Pidana Perdagangan Orang ( TPPO) dan atau Tindak Pidana Menempatkan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di luar negeri tidak sesuai prosedur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 10 Jo Pasal 4 Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2007 Tentang TPPO Dan Atau Pasal 81 Jo Pasal 86 Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2018 Tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia.


((Rahmat)) 

Sabtu, 27 Januari 2024

Coolling Sistem, Kapolsek Tandun Sigap Berikan Beberapa Sembako Kepada Masyarakat yang Berdampak Banjir




ROKAN HULU- Dalam Coolling Sistem  Plh Kapolsek Tandun Polres Rokan Hulu (Rohul) Iptu Hariyanto, melakukan  monitoring perkembangan situasi Bencana Banjir Luapan Aliran Sungai Sei Tapung  Desa Tandun, Sabtu  (27/1/2024) sekitar pukul 07.30 Wib.

Terpantau turut pada kegiatan itu,  Bhabinkamtibmas Desa Tandun Bripka Andi,, Kepala Desa Tandun Zulheri SP,  para Kanit Polsek Tandun, sejumlah Ketua RT dan RW Desa Tandun, Ketua LLMB Desa Tandun Efendi  serta Masyarakat Desa Tandun lainnya.

"Lokasi Banjir   di RT03, RT07 11,  RT12, RT13, RT 14 dan RT 15 Desa Tandun,Korban Jiwa  nihil,  jerugian Material, belum dihitung, sedangkan Rumah Masyarakat   227 Kepala Keluraga (KK)," kata Kapolres Rohul AKBP Budi Setiyono SIK MH melalui Plh Kapolsek  Iptu Hariyanto

Lanjut Iptu Hariyanto fasilitas umum  teredam , Mesjid Jabbal Nur Dusun Kukun Desa Tandun, Surau Suluk Desa Tandun dan Musholla Nurul Huda Desa Tandun

" Kondisi banjir saat ini situasi banjir di Desa Tandun tepatnya di  RT 001 RT 002, RT 004, RT 005 RT 006 RT 007 RT 009,  RT 011, RT 013 RT 014 RT 023  Desa Tandun volume Air masih meningkat," terangnya.

Bahkan, katanya terdapat  luapan air sungai Sei Tapung menggenangi pemukiman masyarakat dan warga Desa Tandun  belum dapat  beraktifitas.

"Polri menghimbau masyarakat Desa Tandun karena mengingat cuaca masih berpotensi turunnya hujan dengan intensitas yang cukup tinggi agar masyarakat selalu siaga dan waspada terjadinya banjir  pada malam dan dini hari," tuturnya 

Plh Kapolsek menghimbau Masyarakat dan para orang tua agar meningkatkan pengawasan terhadap anak-anak untuk tidak bermain di genangan aliran sungai serta mengamankan barang berharga lainya.

" Polsek Tandun bersama Pemerintahan Desa Tandun memberikan Sembako berupa Beras, Indomie, Telor, Cabai, Bawang dan air mineral untuk dimasak warga dan dibagikan kpd warga yang terdampak banjir," pungkasnya 

Termasuk, tambahnya, sudah .endirikan Tenda Dapur Umum dan Nakes Puskesmas Tandun 1 turun berkoordinasi dengan pemerintah Desa untuk memberikan pelayanan di bidang kesehatan terhadap Masyarakat terdampak banjir.

(Humas Polres Rohul)
Jurnalis : Arman