This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Jumat, 27 Januari 2023

Tim Interdiksi Gabungan dari Polda Kalbar dan Bea Cukai Berhasil Meringkus Seorang Pria Pengedar Narkoba


Sanggau Kalbar- Tim Interdiksi gabungan dari Ditresnarkoba Polda Kalbar, Kanwil Bea Cukai Kalbagbar dan Bea Cukai Entikong berhasil mengungkap peredaran narkotika di Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalbar.

Direktur Reserse Narkoba Polda Kalbar Kombes Pol Yohanes Hernowo mengatakan, pengungkapan kali ini Tim Interdiksi berhasil mengamankan seorang pria berinisial BH (41) yang kedapatan membawa Narkotika jenis sabu.

"BH diamankan di sebuah kos di Jalan Raya Entikong, Desa Engkahan, Kecamatan Sekayam pada Kamis 26 Januari 2023," ujarnya.

Ia mengatakan, tim gabungan berhasil mengamankan sejumlah barang bukti berupa dua bungkus plastik warna hitam yang berisi Narkotika jenis sabu sebanyak 2,67 Kilogram dan satu buah Handphone.

"Selanjutnya tim membawa tersangka dan barang bukti yang telah diamankan ke kantor Ditresnarkoba Polda kalbar untuk pemeriksaan lebih lanjut," jelas Hernowo.

Menurutnya, semua tidak lepas dari peran masyarakat dalam memberikan informasi kepada polisi tentang peredaran Narkoba di wilayah Kalimantan Barat.
Kapolda Kalbar Irjen pol Suryanbodo Asmoro melalui Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Pol R. Petit Wijaya juga membenarkan terhadap pengungkapan kasus narkoba tersebut dan menghimbau kepada masyarakat, khususnya para generasi muda agar tidak terjerumus atau mengkonsumsi narkoba meskipun hanya coba-coba. 

"Penggunaan barang berbahaya ini selain dapat menimbulkan ketergantungan, juga bisa menyebabkan kerusakan syaraf pusat hingga kematian. Masyarakat juga kita harapkan bersama-sama menyatakan perang melawan narkoba dan mau memberikan informasi kepada polri khususnya jajaran polda kalbar apabila melihat adanya aktivitas yg berhubungan dengan narkoba disekitarnya," tutupnya.

Penulis : Bripda Juni
Kombes Pol Raden Petit Wijaya, S.I.K., M.M.

Bersinergi, Kapolres Majalengka Silaturrahmi Dengan Bawaslu Kabupaten Majalengka


Majalengka, Kapolres Majalengka Polda Jabar AKBP Edwin Affandi bersama Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Majalengka melakukan Silaturrahmi yang bertempat di Ruang Kerja Kapolres Majalengka, Jumat (27/1/2023).

Dalam Kesempatan tersebut Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi didampingi Kabag SDM Polres Majalengka Kompol Dadan Sudirman, Kasat Intelkam Polres Majalengka AKP H.Agus Romy dan Kasat Reskrim Polres Majalengka AKP Febry H Samosir dalam meningkatkan tali Silaturrahmi juga untuk tetap bersinergi dengan Penyelenggara Pemilu dengan Ketua Bawaslu Kabupaten Majalengka Agus Asri Sabana beserta anggota Bawaslu.

Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi, kepada penyelenggara Pemilu yaitu Ketua Bawaslu Kabupaten Majalengka mengaku suatu kehormatan dirinya menerima kedatangannya. 

Dalam kesempatan tersebut Kapolres juga berbincang ringan terkait latar belakang dan disiplin ilmu semua penyelenggara. Ia berharap, kemampuan kepemiluan dan komunikasi yang baik haruslah dimiliki oleh seorang penyelenggara. Mengingat tugas yang tidak ringan diemban selama bertugas di KPU atau Bawaslu."tuturnya.

"Saya yakin Pak Agus bersama jajarannya ini merupakan orang orang terpilih yang bisa menjaga independensinya selama menjadi penyelenggara. Ke depan saya berharap, komunikasi dan silaturahmi tetap kita jaga, tak harus saya yang dikunjungi, namun sesekali saya yang akan berkunjung ke kantor Bawaslu sendiri," jelas Kapolres.

Kamis, 26 Januari 2023

3 pelaku Curat di Dor Polisi Ciko, 1 masih DPO

POLRES CIREBON KOTA,- Dalam hitungan hari, Sat reskrim Polres Cirebon Kota Polda Jabar dibawah pimpinan Kasat Reskrim AKP Perida Apriani Sisera Panjaitan, S.IK.MH. dan Kanit Buser Iptu Sindy, SH.MH. bersama team berhasil menangkap pelaku Curas.

Tiga dari empat pelaku kasus pencurian dan kekerasan berhasil di lumpuhkan petugas gabungan anggota Satreskrim Polres Cirebon Kota dan Ditreskrimum Polda Jabar. Keempat pelaku di ketahui kabur ke Surabaya Jawa Timur, usai melakukan aksinya di Cirebon.

Kapolres Cirebon Kota AKBP Ariek Indra Sentanu, SH.S.IK.MH. mengatakan keempat pelaku SN, AD, IR dan R, beraksi di lapangan Kebumen Kota Cirebon. Dengan mengambil paksa tas berisi uang sebesar Rp81 juta dari seorang wanita yang baru saja keluar dari di Bank BCA. Jelasnya didampingi wakapolres Cirebon Kota Kompol Ahmat Troy Aprio. SH.S.IK.

"Ke empat pelaku, memang sudah memantau di lokasi area Bank BCA, kemudian secara acak mencari korban yang baru mengambil uang," ucapnya. Jumat (27/1)

Ariek menambahkan, sebelumnya ke empat pelaku dengan mengunakan dua sepeda motor, datang ke Bank BCA, pelaku S dan D menunggu tidak jauh dari lokasi Bank BCA. Kemudian, IR dan R masuk ke dalam Bank untuk memantau masyarakat yang sedang mengambil uang.

"Setelah memastikan korban membawa uang keluar dari Bank, di buntuti oleh pelaku. Setibanya di lapangan Kebumen yang tidak jauh dari Bank. Mereka melancarkan aksi dengan merebut tas yang dibawa korban," ungkapnya didampingi Kasat Reskrim AKP Perida Apriani Sisera Panjaitan, S.IK.MH.

Setelah mendapatkan hasil tindak kejahatan, ke empatnya kabur ke arah Tegal. Di sana, pelaku membuang barang bukti, tas, dompet serta meninggalkan sepeda motor untuk menghilangkan barang bukti.

"Untuk menghilangkan barang bukti, pelaku membuang tas, dompet dan meninggalkan sepeda motor yang dipakai saat beraksi. Kemudian kabur ke Surabaya," tutur kapolres Ciko didampingi Kasi propam Iptu Sukirno, SH.

Setelah mendapat informasi keberadaan pelaku, Satreskrim Polres Cirebon Kota dan Ditreskrimum Polda Jabar melakukan pengejaran.

"Tim gabungan berhasil menemukan keberadaan pelaku di Surabaya, karena melakukan perlawanan saat di tangkap. Anggota melakukan tindakan tegas terukur untuk melumpuhkan pelaku dan berhasil menangkap AD, SN dan R. Sementara, satu pelaku IR masuk dalam daftar pencarian orang (DPO)," ujarnya didampingi Kanit buser Iptu Sindy, SH.MH.

Hasil dari tindak kejahatan sebesar Rp81 juta, dibagi rata kepada pelaku, yang sebelumnya, Rp20 juta untuk membeli sepeda motor, Rp1 juta membayar tempat kos di Surabaya, masing-masing pelaku mendapat Rp10 juta dan Rp20 juta untuk membeli sepeda motor untuk rencana melakukan aksinya di Surabaya. 

Atas perbuatannya para pelaku dijerat dengan pasal 365 KUHP dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara. Hal ini terungkap dalam Konpres yang digelar di mako Polres Cirebon Kota. Pungkas Kasi humas Iptu Ngatidja. SH.MH.

(Rahmat)

Kapolres Demak : Penanganan Kenakalan Remaja Merupakan Tanggungjawab Bersama


Demak - Polres Demak menggelar kegiatan 'Jumat Curhat' setiap minggunya. Kegiatan tersebut merupakan wadah aspirasi, curhat, aduan, termasuk kritik, masyarakat terhadap kinerja Polres Demak maupun pemerintah.

Pada Jumat (27/1/2023), sejumlah warga Desa Kedungwaru Kidul, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak menyampaikan keluhan langsung kepada Kapolres Demak. Di antaranya terkait kenakalan remaja dan jalan rusak di wilayah Demak.

Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono menyambut baik adanya Jumat Curhat, sehingga antara warga dan polisi bisa saling bersilatuhrami dan mengetahui permasalahan yang ada di dilingkungan tersebut.

"Kegiatan Jum'at Curhat guna menampung segala bentuk aspirasi dan laporan serta informasi warga terkait Kamtibmas di Kabupaten Demak," katanya.

Budi menuturkan soal keresahan warga soal banyaknya jalan rusak di Kabupaten Demak, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait.

"Selama ini kami sudah inisiatif memperbaiki jalan rusak dengan batu koral hingga memberi tanda dengan cat di bagian jalan yang berlubang. Terkait perbaikan maupun pelebaran jalan yang diadukan masyarakat, nantinya kami sampaikan kepada Bupati Demak," ungkapnya.

Sedangkan untuk permasalahan kenakalan remaja, Polres Demak akan tingkatkan pelaksanaan patroli atau mobiling khususnya di lokasi sesuai aduan dari warga.

Dia kemudian mengimbau kepada masyarakat maupun para orang tua agar lebih memperhatikan lagi keadaan anaknya saat berada di rumah.

"Meningkatnya kenakalan remaja merupakan tanggungjawab bersama. Kita juga imbau untuk para orang tua agar memperhatikan anaknya saat di rumah, apalagi sebentar lagi memasuki bulan Ramadhan agar masyarakat juga lebih waspada dan selalu menjaga keselamatan," pungkasnya.


Babinsa Kemlayan Motivasi Tingkatkan Kedisiplinan Linmas



Surakarta, Untuk Menjaga dan Meningkatkan Kedisiplinan Linmas dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sehari-hari.

Babinsa Kelurahan Kemlayan Koramil 03 Serengsn Kodim 0735 Surakarta Serka A. Rumbawa dan Serda Catur Handoko melaksanakan Kegiatan Pembagian tugas kepada limas kelurahan kemlayan dipimpin Lurah Kemlayan Ibu Sayuti, SE bertempat di Aula Kelurahan, Jum'at  pukul 10,00 Wib (27/01/2023).

Pada penyampaian Lurah mari kita tingkatkan lagi patroli dan rasa tanggung jawab sebagai anggota limas mengingat bahwa wilayah kita berada di tengah tengah Kota yang mana diwilayah kita banyak kegiatan yang di pusatkan tempat kita maka dari mari kerja samanya semua limas

Penyampaian Babinsa bahwa Linmas kelurahan adalah orang orang warga kemlayan jadi tahu mana yang bukan warga dan mana yang pendatang mari tingkatkan rasa kepedulian kita terhadap lingkungan kita sendiri Babinsa juga menyampaikan kepada limas rajin rajin dipatroli pastikan aman serta bagi warga yang tdatang dari luar kota pasti sudah melapor kepada ketua RT setempat pastikan wilayah aman dan nyaman.

(Agus)

Bersama Puskesmas, Babinsa Berantas Nyamuk Demam Berdarah



Sragen, Untuk mewaspadai dan mengantisipasi serangan penyakit DBD, masyarakat perlu menjaga kebersihan lingkungan di dalam maupun di luar rumah. Salah satu bentuk kegiatan yang efektif untuk tujuan tersebut adalah Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).
Serka Joko Waliman Babinsa Desa Bendo Koramil 13/Sukodono Kodim 0725/Sragen melaksanakan pendampingan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN)  di 3 Dk Nginggil RT 25,24,23 Ds Bendo Kec.Sukodono Kab Sragen, Jum'at ( 27/01/2023 )

Serka Joko Waliman mengatakan pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) bisa dilakukan dengan cara 3M yakni menguras, menutup, dan mengubur barang-barang yang tidak diperlukan. Sebab, barang-barang yang tidak terpakai ini berpotensi menjadi sarang nyamuk penyebab demam berdarah.
"Selain itu, tindakan untuk antisipasi penyebaran DBD dapat dilakukan dengan cara pemberantasan sarang nyamuk melalui bersih-bersih lingkungan dan pemberian abate di bak air maupun tempat penampungan air lainnya," ujarnya

Pada kesempatan tersebut Serka Joko  juga mengajak masyarakat Desa Bendo agar peduli terhadap lingkungan terutama kepedulian untuk mengantisipasi penyebaran penyakit DBD yang disebabkan oleh nyamuk.

(Agus)

Babinsa Berikan Pelatihan PBB di Sekolah, Guna Tanamkan Kedisiplinan Siswa


Sragen, Membentuk sikap, kedisplinan, kekompakan, loyalitas dan kepedulian, dan rasa tanggung jawab sejak dini, adalah bagian dari bentuk keperdulian Anggota Koramil 08/Sambirejo Kodim 0725/Sragen Serda Arfan memberikan pelatihan dasar Peraturan Baris Berbaris di SMP N 1 Sambirejo, Jum'at ( 27/01/2023 )

Pelatihan PBB (Peraturan Baris Berbaris) sebagai wujud latihan fisik guna menanamkan kebiasaan dalam tata cara kehidupan yang diarahkan kepada terbentuknya sikap dan perilaku seseorang agar memiliki disiplin yang tinggi. Disinilah langkah awal bagi anak-anak sekolah untuk mengenalkan kedisplinan dan suatu latihan awal untuk membela Negara.
Dengan dilatihkannya PBB kepada siswa-siswi diharapkan dapat mengerti maksud dan tujuan dari pelatihan PBB tersebut sehingga nantinya mampu menerapkannya disekolah maupun dilingkungan tempat tinggal masing-masing. 

" PBB juga memiliki manfaat yang sangat berguna bagi anak-anak sekolah yaitu melatih daya konsentrasi, mendorong belajar tentang solidaritas tim, belajar mendengar dan patuh serta belajar untuk diam dan mengatur emosi " tandas Serda Arfan..

(Agus)

Cegah Lumpy Skin Disease, Babinsa Dampingi Pemberian Vaksin Pada Ternak Sapi


Sragen, Serda Eko Wahyudi Babinsa DS. Juwok angggota Koramil-13/ Sukodono Kodim 0725/Sragen melaksanakan pendampingan vaksinasi hewan ternak (sapi) guna mengatasi mewabahnya Penyakit kulit infeksi yang di sebabkan oleh Lumpy Skin Disease Virus (LSDV) di wilayah Desa Juwok Kec Sukodono. 
Adapun jumlah dosis vaksin sebanyak 50 dosis dengan rincian Dusun Juwok 30 sapi, Dusun Kedungpring 20 sapi., Jum'at ( 27/01/2023 ) 

Lumpy Skin Disease (LSDV) adalah penyakit kulit infeksius yang disebabkan oleh Lumpy Skin Disease Virus (LSDV) yang merupakan virus bermateri genetik DNA dari genus Capripoxvirus dan famili Poxviridae. Virus ini umumnya menyerang hewan sapi dan kerbau. Belum ada laporan terkait kejadian LSD pada ruminansia lain seperti kambing dan domba.

Menurut Serda Eko Penularan LSD secara langsung melalui kontak dengan lesi kulit, namun virus LSD juga diekskresikan melalui darah, leleran hidung dan mata, air liur, semen dan susu. Penularan juga dapat terjadi secara intrauterine. Secara tidak langsung, penularan terjadi melalui peralatan dan perlengkapan yang terkontaminasi virus LSD seperti pakaian kandang, peralatan kandang, dan jarum suntik. Penularan secara mekanis terjadi melalui vektor yaitu nyamuk (genus aedes dan culex), lalat (Stomoxys sp, Haematopota spp, Hematobia irritans), migas penggigit dan caplak (Riphicephalus appendiculatus dan Ambyomma heberaeum).

" Gejala klinis LSD dipengaruhi oleh umur, ras dan status imun ternak. Tanda klinis utama LSD adalah lesi kulit berupa nodul berukuran 1-7 cm yang biasanya ditemukan pada daerah leher, kepala, kaki dan ekor " terangmya. 

Pada kasus berat nodul-nodul ini dapat ditemukan di hampir seluruh bagian tubuh. Munculnya nodul ini biasanya diawali dengan demam hingga lebih dari 40.5oC. Nodul pada kulit tersebut jika dibiarkan akan menjadi lesi nekrotik dan ulseratif. Tanda klinis lainnya yaitu lemah, adanya leleran hidung dan mata, pembengkakan limfonodus subscapula dan prefemoralis, serta dapat terjadi oedema pada kaki. Selain itu, LSD juga dapat meyebabkan abortus, penurunan produksi susu pada sapi perah, infertilitas dan demam berkepanjangan.

(Agus)

Melalui Coffee Morning Tingkatkan Sinergitas Tiga Pilar Jaga Kamtibmas di Kabupaten Majalengka


Majalengka, Sinergitas TNI-Polri bersama Pemkab Majalengka melalui "Coffee Morning" untuk menjaga kamtibmas di Kabupaten Majalengka. Soliditas Tiga Pilar wajib dilakukan guna menumbuhkan persatuan dan kesatuan yang diharapkan dapat mendukung kinerja ketiga institusi tersebut dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat khususnya di Kabupaten Majalengka.

Kebersamaan dalam sinergitas TNI-POLRI dan Pemkab Majalengka di Coffee Morning pagi ini, dilakukan dengan duduk bareng santai menikmati kopi maupun makanan santap pagi. Dengan menjalin sinergitas ini tentunya akan dapat lebih maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Seperti yang terlihat, Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi ngopi bareng bersama personil Dandim 0617/Majalengka bersama jajarannya serta Wakil Bupati Majalengka hal itu merupakan pemandangan yang sangat baik untuk di contoh sebagai aparatur negara yang selalu bersinergi dalam menjaga NKRI dan memberikan rasa aman kepada masyarakat.

"Coffee Morning merupakan langkah baik menjaga hubungan dan saling kenal antara TNI (Kodim 0617, Lanud S Sukani, Sub Den Pom) bersama Polres Majalengka dan Pemkab Majalengka agar tidak terjadi benturan di lapangan dalam melaksanakan tugas," kata Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi.

Kegiatan Coffee Morning kali ini digelar di Kodim 0617/Majalengka berlangsung lancar, Semoga kita semua bisa menjaga hubungan harmonis kita dengan rakyat, jadikan setiap tugas dan pengabdian kita sebagai amal Ibadah," sebutnya.

Tingkatkan Sinergitas Pelayanan Bagi Masyarakat, Kapolres Majalengka Gelar Jumat Curhat di Wilayah Sukahaji


Majalengka, Untuk meningkatkan sinergitas tugas pelayanan bagi masyarakat dan harkamtibmas, Kapolres Majalengka Polda Jabar AKBP Edwin Affandi menggelar Jumat Curhat dalam rangka Quick Wins Presisi, Kali ini digelar di Desa Jayi Kecamatan Sukahaji Kabupaten Majalengka, Jumat (27/1/2023).

Dalam kegiatan Jumat Curhat Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi didampingi Para Pejabat Utama Polres Majalengka, Kapolsek Sukahaji AKP Rudy Djunardi serta Para Personil Polres dan Polsek Sukahaji serta dihadiri oleh Muspika Sukahaji, Para Kepala Desa dan Para Tokoh juga Warga Masyarakat.

Disaat dikonfirmasi, Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi menyampaikan, Pihaknya rutin menggelar Jumat Curhat setiap hari jumat untuk meningkatkan Sinergitas Pelayanan bagi Masyarakat, Selain itu untuk mendengarkan Aspirasi masyarakat dan keluh kesah dari warga masyarakat.

Kapolres juga menuturkan tujuan diadakannya Jumat Curhat pagi ini adalah untuk membahas langkah-langkah yang akan dilakukan dalam meningkatkan keamanan Kamtibmas di wilayah hukum Polsek Sukahaji dan Polres Majalengka umumnya. serta meningkatkan keamanan Kamtibmas dan meningkatkan silaturahmi sesama aparatur negara yang mengemban tugas, melindungi dan mengayomi dan melayani masyarakat."tuturnya.

Kegiatan ini dilakukan untuk menjalin kemitraan antara polisi dan masyarakat sehingga masyarakat akan lebih mudah menyampaikan aspirasinya terkait pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat kepada Polisi.

Kapolres juga menyampaikan Agenda Agenda Pemerintah di Tahun 2023 terkait Pemilu, banyak yang akan terjadi hiruk pikuk terkait dengan pemilu oleh karena itu saya menghimbau agar masyarakat tetap menjaga silaturrahmi dan jangan terpecah belah dari dampak pemilu nanti tetap jaga kerukunan, saya juga berharap agar masyarakat mengikuti dan melakukan pemilihan jangan sampai absen dan tingkatkan hak pilihnya.

Selain itu, Kapolres menyampaikan pesan pemerintah terkait stunting atau anak kecil yang pertumbuhannya kurang maka dengan itu perlunya kepedulian kita semua untuk tidak membiarkan stunting terjadi pada anak anak kita,oleh karena itu pemkab Majalengka meneruskan agenda dari pemerintah pusat dalam 100 tahun Kemerdekaan RI menyongsong 2045 anak anak tingkat Kecerdasannya diatas rata rata, maka dengan itu kita tidak menanganinya sendiri sendiri namun kita harus bersama sama menangani masalah stunting ini.

Lebih lanjut, Kapolres juga menyampaikan Kamtibmas
Agar kita bersama Berupaya secara bersama-sama menciptakan situasi keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat dan apabila ada hal - hal yang menimbulkan gangguan kamtibmas segera menyampaikan kepada petugas kepolisian,"ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Pihaknya memberikan Bantuan Sosial bagi warga yang membutuhkan berupa sembako, semoga bermanfaat dan semoga Kegiatan ini menjadi barokah,"tutup AKBP Edwin Affandi.

Sinergitas TNI-POLRI Bantu Masyarakat Buat Bronjong di Aliran Sungai Cicemplang


Majalengka, Kepolisian Sektor (Polsek) Cingambul Polres Majalengka, serta anggota TNI membantu warga pasca terjadi bencana alam longsor tanah tebing penahan /bronjong saluran Irigasi Cicemplang bertempat di Desa Sedaraja Kecamatan Cingambul, Jum'at (27/01/2023).

Pada kesempatan tersebut dihari oleh Camat Cingambul Sulaeman, Kapolsek Cingambul IPTU Budiman Hidayat, Babinsa Koramil 1705/Cikijing SERDA Jhon Ependi, Kasipem Lilih Solihat, Kasi Kesos Nina Tresnawati, Kasi PPM Sarbini, Kasi Trantib Rosid, personil Polsek Cingambul, personil Pol PP Kec. Cingambul, Kepala Desa Sedaraja Sopiyan dan Pemerintah Desa Sedaraja.

Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi melalui Kapolsek Cingambul IPTU Budiman Hidayat menuturkan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian kepolisian dan TNI terhadap lingkungan dan keselamatan warga.

"Sinergitas Polri dengan TNI dan masyarakat selalu terwujud di Kabupaten Majalengka khususnya di Kecamatan Cingambul. Salah satu buktinya adalah gotong royong memperbaiki tanah tebing penahan/bronjong saluran Irigasi Cicemplang," ujar IPTU Budiman Hidayat.

Aliran Sungai Cicemplang ini sangat deras terutama saat curah hujan tinggi. Potensi terseretnya sekitar 5 Rumah warga dan (6 Kepala Keluarga) yang berada di dekat aliran sungai Irigasi Cicemplang Desa Sedaraja.

"Selanjutnya, kami juga menghibau warga untuk sementara waktu agar rumah di kosongkan terlebih dahulu untuk menjaga hal-hal yg tidak di inginkan," tutup Kapolsek Cingambul.

Babinsa Tipes adakan Komsos dengan Security Hotel Indah Palace


Surakarta, Babinsa Kelurahan Tipes Koramil 03/Serengan Kodim 0735 Surakarta Serka Sarmin dan Sertu Anjasmoro adakan Komsos dengan bapak Teguh Susilo Security Hotel Indah Palace Jl.Veteran No.284 Tipes Serengan Kota Surakarta, Jum'at pukul 09.00 Wib (27/01/2023)

Demi menjaga hubungan tali silaturahmi tetap terjaga dengan baik Babinsa Kelurahan Tipes melaksanakan Komsos dengan pihak Security Hotel indah Palace

Kegiatan komsos ini merupakan salah satu tugas dan tanggung jawab Babinsa sebagai aparat kewilayahan yang mempunyai tanggung jawab wilayah, guna mengetahui kondisi dan perkembangan wilayah binaan, dengan aktif melaksanakan Komsos di wilayah binaan akan meningkatkan silaturahmi dan kerjasama dengan pihak-pihak terkait seperti dengan para manajemen hotel.

Babinsa selalu mengajak dan menjaga kamtibmas agar wilayah binaan selalu kondusif serta menjaga hubungan baik dengan Warga masyarakat serta instansi yang ada di wilayah binaan.

(Agus)

Eratkan Silahtuhrahmi, Babinsa Hadiri Pertemuan Rutin PKK


Boyolali –  Babinsa Koramil 13/Nogosari Kodim 0724/Boyolali Sertu Wahyono menghadiri Pertemuan Rutin PKK Desa Glonggong di  Balai Desa Glonggong Kecamatan Nogosari Kabupaten Boyolali. Jumat ( 27/01/23)

Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kualitas kinerja PKK, Yang sangat penting saat ini untuk keberhasilan target kerja yang telah dirumuskan. Kinerja PKK akan terus ditingkatkan dengan merangkul dan memberikan kontribusi kepada masyarakat.

Ketua PKK Glonggong Kecamatan Nogosari menyampaikan, terima kasih kepada Babinsa dan Bhabinkamtibmas karena sudah di berikan waktu untuk kegiatan PKK. Semoga dengan sinergitas dan jalinan silaturahmi dapat terwujud kemanunggalan dengan istilah Tiga Pilar dengan rakyat, "Ungkapnya.

Babinsa Sertu Wahyono menghimbau kepada seluruh ibu-ibu PKK untuk selalu meningkatkan kebersihan lingkungan tempat tinggal maupun menjaga kesehatan keluarga.

"Berkaitannya dengan perubahan iklim sekarang ini agar selalu tingkatkan kebersihan lingkungan, kesehatan dengan menjaga kebugaran tubuh dengan cara berolahraga seperti senam, " pungkas Babinsa

(Agus)

Sinergi Bersama Rakyat, Babinsa Kerja Bakti Bangun Rumah Warga


Boyolali. Guna terciptanya sinergitas TNI bersama rakyat, Babinsa Koramil 10/Sambi Kodim 0724/Boyolali Sertu Sajanji melaksanakan karya bakti membantu pembangunan rumah milik warga binaan Ibu Juminten di Dukuh Banaran Desa Trosobo Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali. Jumat ( 27/01/23)

Babinsa sertu Sajanji mengatakan kerja bhakti maupun Komunikasi Sosial (Komsos) rutin dilakukannya guna menjalin hubungan yang harmonis sekaligus membantu mengatasi kesulitan masyarakat binaan.

"Dengan membantu kesulitan warga seperti saat ini yang kita lakukan, merupakan wujud kepedulian Babinsa kepada warga binaan," ujarnya.

Kegiatan ini juga sesuai perintah Komandan Kodim 0724/Boyolali Letkol Arm Ronald F Siwabessy, M.A. agar para Prajuritnya selalu membantu kesulitan rakyat

Menurut ia, kerja bakti tersebut bertujuan juga untuk meringankan beban masyarakat sekaligus membangun keakraban dan kekeluargaan. Sehingga diharapkan keberadaan Babinsa di tengah-tengah masyarakat dapat diterima dan berdampak positif.

Sebagai TNI harus menjaga hubungan keharmonisan dan kebersamaan dengan masyarakat, serta bisa memberikan rasa aman dan nyaman di wilayah desa binaannya," ucap Babinsa

Sementara itu, pemilik rumah Ibu Juminten menyampaikan terima kasih kepada Babinsa yang telah peduli dalam membantu proses pembangunan rumahnya.

"Saya menyampaikan terima kasih banyak atas kepedulian Babinsa semoga Tuhan melindungi TNI Kodim 0724/Boyolali Khususnya Pak Babinsa setiap dalam bekerja," pungkasnya.

(Agus)

Jalin Kesolidan Dan Keakraban, Polres Majalengka Gelar Pertandingan Voli Bersama Sat Brimob Polda Jabar Batalyon C


Majalengka,Polres Majalengka menggelar olahraga bersama dengan bermain bola voli putra dari Polres Majalengka dan Sat Brimob Polda Jabar Batalyon C yang bertempat di Lapangan Polres Majalengka, Jumat (27/01/2023).

Permainan bola voli tersebut diikuti oleh Tim Polres Majalengka melawan Tim dari Sat Brimob Polda Jabar Batalyon C.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi, S.I.K., M.H., yang diwakili Kasi Propam Polres Majalengka AKP Sarjiyo, S.E serta personel Polres Majalengka yang hadir guna memeriahkan kegiatan bola voli tersebut.

"Adapaun tujuan dari kita adakan kegiatan ini selain untuk menjaga kesehatan diri kita agar tetap sehat dan bugar juga untuk menjalin keakraban dan kesolidan dengan Sat Brimob Polda Jabar Batalyon C," jelas AKP Sarjiyo, S.E.

"Dengan melihat antusias dari penonton dan peserta yang hadir dalam kegiatan ini, untuk kedepannya kita akan mengadakan hal serupa untuk menjaga tali silaturahmi antara Polres Majalengka dengan Sat Brimob Polda Jabar Batalyon C," tutup AKP Sarjiyo, S.E.

Melalui Jumat Curhat Polisi di Sindangwangi Berikan Ruang Bagi Para Guru Sampaikan Keluh Kesahnya


Majalengka, Dalam Rangka Program Quick Wins Presisi, Polsek Sindangwangi Polres Majalengka Polda Jabar menggelar Jumat Curhat di SMK Karnas Kecamatan Sindangwangi Kabupaten Majalengka, Jumat (27/1/2023).

Kegiatan Jumat Curhat dipimpin oleh Kapolsek Sindangwangi Polres Majalengka IPTU Wili Rukwili didampingi Bhabinkamtibmas serta dihadiri oleh Kepala Sekolah SMK Karnas beserta Para Guru dan Staf SMK Karnas Sindangwangi.

Disaat dikonfirmasi, Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi melalui Kapolsek Sindangwangi IPTU Wili Rukwili mengatakan Kali ini pihaknya bersilaturahmi dengan para guru dalam kegiatan Jumat Curhat karena ini bertujuan untuk memberikan ruang bagi para guru dalam mengkritisi kinerja pelayanan Kepolisian khususnya wilayah hukum Polsek Sindangwangi Polres Majalengka Polda Jawa Barat serta untuk mendengarkan keluh kesahnya para guru disini,"pungkasnya.

Para guru, Menurut Kapolsek pihak sekolah menginginkan adanya pembinaan upacara dari pihak keamanan, baik Polri maupun TNI. Pihak sekolah juga meminta agar setiap sebulan sekali di sekolah-sekolah diadakannya pembinaan tentang kenakalan remaja dan bahayanya Narkoba dan arahan agar generasi muda tidak terjerumus dari Narkoba.

Selain itu, memberikan Pembinaan dan Penyuluhan tentang tertib berlalu lintas,"terang IPTU Wili Rukwili.

Lebih lanjut, Kapolsek juga menyampaikan kepada para guru apabila ada gangguan Kamtibmas untuk segera melaporkannya pada pihak Polsek Sindangwangi maupun Bhabinkamtibmas "tutup IPTU Wili Rukwili.

Jumat Curhat, Kapolsek Sukahaji Himbau Warga Antisipasi Aksi Kejahatan dan Gunakan Medsos Secara Bijak


Majalengka, Guna mendengarkan keluhan warga, dan bersama - sama mencarikan solusi, Kapolsek Sukahaji Polres Majalengka AKP Rudy Djunardi bersama jajaran menyambangi Warga Desa Pasirayu Kecamatan Sindang/Sukahaji Kabupaten Majalengka, Jumat (27/1/2023).

Kegiatan ini sendiri bagian dari kegiatan Program Jumat Curhat yang digelar Polri serentak di seluruh Indonesia yang dilaksanakan setiap hari Jumat.

Dalam kegiatan ini selain dihadiri Kapolsek Sukahaji, juga dhadiri Kapolsubsektor Sindang IPTU Baban, Kanit Samapta AIPTU Riyana, Babinsa Desa Pasirayu Koptu Apip, Camat Sindang Veni Victoruddien, Perangkat Camat Sindang, Kuwu Pasirayu Sutarno, Linmas dan Warga Desa Pasirayu.

Menurut Kapolsek Sukahaji Jumat Curhat adalah bagian dari komunikasi kamtibmas antara warga dengan Kepolisian guna mengetahui secara langsung hal - hal yang perlu disampaikan untuk dicari solusi permasalahannya.

" Unit Reskrim dan Babinkamtibmas Polsek Sukahaji akan terus memonitor setiap perkembangan agar tercipta situasi yang kondusif dan melakukan upaya penegakan hukum kepada pelaku curanmor dan pelaku kriminalitas lainnya,"terangnya.

Kapolsek menambahkan menjelang Pilkades dan Pemilu 2024, TNI Polri dan Instansi terkait akan bersinergi bekerja sama tentang keamanannya melakukan Patroli ke Desa Desa guna kenyamanan dan keamanan lingkungan setempat. Jelas AKP Rudy Djunardi.

Kapolsek juga mensosialisasikan terkait masalah Medsos gunakan dengan data akurat yang benar dan gunakan etika jurnalis serta Penggunaan Medsos secara bijak jangan sampai ada berita Hoax, selain Patroli wilayah Polri terus melakukan Patroli Siber di dunia maya. Tutup Kapolsek Sukahaji AKP Rudy Djunardi.

Bersama Berbagai Unsur Masyarakat Weru Kapolresta Cirebon Gelar Ngopi Aspirasi


Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, S.I K, M.H, menggelar kegiatan Ngopi Aspirasi bersama berbagai unsur masyarakat Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Jumat (27/1/2023). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Balai Desa Setu Wetan, Kecamatan Weru, Kab. Cirebon.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H, mengatakan, Kegiatan Ngopi Aspirasi tersebut bertujuan untuk menghimpun berbagai saran dan masukan dari masyarakat Kabupaten Cirebon. 

Selain itu, kegiatan Ngopi Aspirasi juga telah dilaksanakan di beberapa tempat yaitu Kecamatan Lemahabang, Kecamatan Susukan, Kecamatan Arjawinangun, Pabuaran, Plumbon, Talun, dan lainnya kemudian pada hari ini digelar di Kecamatan Weru.

"Diharapkan kegiatan ini dapat menyerap aspirasi, permasalahan dan harapan yang ada di masyarakat terkait potensi kerawanan dan gangguan kamtibmas di lingkungannya sehingga nanti kedepan dapat dicarikan solusi jalan keluar serta bisa ditindaklanjuti dengan baik oleh semua pihak melalui Tupoksinya masing masing," ujar Kombes Pol Arif Budiman, S.I K, M.H.

Ia mengatakan, Polsek jajaran Polresta Cirebon bersama dengan Pemdes melakukan pendekatan terhadap masyarakat untuk mensukseskan program Kapolresta Cirebon Ngopi Aspirasi dalam rangka Jumat Curhat Bersama Bapak Kapolresta Cirebon. Agar setiap aspirasi, saran dan masukan dari masyarakat segera diterima dan ditanggapi agar kepercayaan masyarakat terhadap Polri meningkat.

Selain itu, pihaknya mengingatkan masyarakat untuk segera menghubungi layanan call center 110 Polresta Cirebon saat menemukan aksi geng motor maupun tindak kejahatan lainnya di sekitarnya. Dipastikan laporan tersebut langsung ditindaklanjuti dan petugas berada di lokasi dalam waktu singkat.

(Rahmat)

Kapolres Majalengka Hadiri Undangan Rakor Penyelesaian Permasalahan HGU PT. PG Rajawali II


Majalengka, Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi hadiri undangan Rakor (Rapat Koordinasi) dan Sinkronisasi Penyelesaian Permasalahan (HGU) PT. PG Rajawali II bertempat di Ruangan Rapat Sekda Kabupaten Indramayu Komplek Pemerintahan Daerah Kabupaten Indramayu, Kamis (26/01/2023).

Kegiatan tersebut dalam rangka pembahasan Rakor (Rapat Koordinasi) dan sinkronisasi yaitu penyelesaian permasalahan pengembalian pengelolaan lahan Hak Guna Usaha (HGU) PT. PG Rajawali II yang di kuasai oleh masyarakat/penggarap di Kabupaten Indramayu.

Rapat Paripurna ini dipimpin Deputi Bidang Koordinasi Politik Dalam Negeri Mayjen TNI Djaka Budhi Utama didampingi Asisten Deputi Bidang Koordinasi Politik Dalam Negeri Syamsuddin.

Turut hadir Danrem 063/SGJ Kolonel Inf Dany Rakca Andalsawan, Bupati Indramayu diwakili Sekda Kab. Indramayu Rinto Waluyo, Asda 1 Indramayu Jajang Sudrajat, Kepala Kejaksaan Negeri Indramayu Ajie Prasetya, Kepala BPN Indramayu Gunung Jayalaksana, Dandim 0616/Indramayu LETKOL Arm. Andang Radianto, Dandim 0617/Majalengka LETKOL Inf Danang Biantoro, Kapolres Indramayu AKBP M. Fakhri Siregar, Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi, GM PT. PG Rajawali II Jatitujuh M. Wisri Mustofa, KABAG SDM & Umum Eko Budi Setyawan, serta para tamu undangan lainnya.

Kegiatan dimulai dengan sambutan Pimpinan Rapat Koordinasi yang dilanjutkan dengan penyampaian Muspika atau Kades Desa Penyangga terkait lahan HGU (Hak Guna Usaha) banyak dikuasai dan dimanfaatkan oleh pihak orang luar bukan petani dari Desa Penyangga, khususnya orang-orang dari pihak LSM atau Ormas.

Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan kesimpulan Deputi Bidang Koordinasi Politik Dalam Negeri Mayjen TNI Djaka Budhi Utama menyatakan bahwa "Dari penyampaian beberapa pihak dan telah kita sepakati bahwa tanah maupun lahan tersebut merupakan HGU, sehingga semua pihak harus mau koordinasi dan komunikasi untuk kepentingan bersama. Disamping itu, jangan mau diadu domba, mari kita berpikir jernih agar kesejahteraan petani desa penyangga meningkat."

Selanjutnya, pihak Pemda Kab. Indramayu bersama Kab. Majalengka dan PT. RNI PG. Jatitujuh mengkoordinasikan dan komunikasikan untuk menata atau mengatur kelompok petani yang akan mengolah lahan HGU, sehingga kedepannya diharapkan tidak ada konflik lagi dan para petani di Desa Penyangga sejahtera.

Antisipasi Gangguan Kamtibmas, Kapolsek Sukahaji Sambang Pos Kamling Desa Garawastu


Majalengka, Kapolsek Sukahaji Polres Majalengka AKP Rudy Djunardi didampingi Kanit Reskrim AIPTU Yuli Purnomo, Kanit Samapta AIPTU Riyana dan Bhabinkamtibmas Bripka Ayi Mega melaksanakan giat Sambang dan cek pos kamling di Desa Garawastu Kecamatan Sindang/Sukahaji Kabupaten Majalengka,Jumat (27/1/2023) Dini hari.

Demi terwujudnya situasi yang kondusif, Kapolsek Sukahaji melaksanakan giat Sambang dan cek pos kamling Desa Garawastu dengan memberikan himbauan dan pesan pesan Kamtibmas, agar aktifkan kembali pos ronda dan di buat jadwal, yang jaga pos ronda pada saat jam jam rawan Patroli keliling kampung untuk antisipasi gangguan Kamtibmas.

Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi melalui Kapolsek Sukahaji AKP Rudy Djunardi mengatakan bahwa, Sambang dan cek pos kamling merupakan giat rutin Kapolsek dan Para Bhabinkamtibmas, agar di pos kamling untuk dihidupkan kembali pos ronda atau pam swakarsa, karena keamanan bukan tugas dan tanggung jawab Polri, tapi semua warga punya tanggung jawab untuk menjaga keamanan lingkungan masing-masing.

Giat Sambang dan cek pos kamling, Kapolsek bersama Bhabinkamtibmas dikandung maksud agar Polri selalu hadir di tengah tengah masyarakat dan dekat dengan warga, dengan memberikan himbauan dan pesan-pesan Kamtibmas, kalau ada sesuatu secepatnya bisa diselesaikan, supaya situasi Kamtibmas di Wilayah hukum Polsek Sukahaji tetap kondusif terkendali."pungkasnya.

Pantau Situasi Kamtibmas di Malam Hari, Kapolsek Sukahaji Lakukan Sambang Desa


Majalengka, Kapolsek Sukahaji Polres Majalengka AKP Rudy Djunardi didampingi Kanit Reskrim AIPTU Yuli Purnomo, Kanit Samapta AIPTU Riyana dan Bhabinkamtibmas Bripka Ayi Mega melaksanakan Sambang Desa Garawastu Kecamatan Sindang/Sukahaji untuk mengetahui kegiatan warga dan situasi Kamtibmas diwilayahnya, Kamis (26/1/2023) malam.

Melalui kegiatan sambang tersebut Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi melalui Kapolsek Sukahaji AKP Rudy Djunardi menyampaikan pesan – pesan kamtibmas agar dapat menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di lingkungan masing masing sehingga tetap kondusif serta didalam mengerjakan sesuatu agar senantiasa memperhatikan faktor keselamatan.

Kapolsek juga berpesan apabila terjadi permasalahan tindak pidana di desa atau melihat orang yang mencurigakan agar segera melaporkan kepada Pihak Kepolisian atau langsung menghubungi Bhabinkamtibmas sehingga bisa ditindak lanjuti.

Kapolsek menambahkan bahwa kegiatan sambang Desa ini rutin dilaksanakan oleh Kapolsek dan para Bhabinkamtibmas di wilayah desa binaannya setiap hari guna sebagai upaya mendekatkan diri kepada masyarakat juga memberikan pesan-pesan kamtibmas diantaranya menghimbau kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan guna mencegah terjadinya tindak kriminalitas.

"Dengan terjalinnya kemitraan yang baik antara Polri dan masyarakat dapat tercipta kamtibmas yang aman dan kondusif" Ucap Kapolsek Sukahaji AKP Rudy Djunardi.

Sambangi Sekolah MTS Assadah, Bhabinkamtibmas Polsek Sukahaji Himbau Anak-Anak Tidak Konsumsi “CIKI NGEBUL”


Majalengka, Bhabinkamtibmas Polsek Sukahaji Polres Majalengka AIPDA Jaenal menyambangi Sekolah MTS Assaadah Desa Padahanten Kecamatan Sukahaji Kabupaten Majalengka sembari memberikan himbauan Kepada anak – anak untuk tidak mengkonsumsi ice smoke atau Ciki Ngebul (Cikbul).

Biarpun sejauh ini pihaknya memang belum menerima laporan kasus keracunan maupun kematian akibat mengonsumsi chiki ngebul di Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka.

Selain itu, Bahwa untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan, kepada para pedagang agar tak menjual makanan tersebut termasuk jajanan lain yang mengandung nitrogen karena picu keracunan dan kerusakan organ tubuh,"Kata Bhabinkamtibmas AIPDA Jaenal, Jumat (27/1/2023).

Ia juga menuturkan bahwa cairan nitrogen yang menjadi bahan baku agar chiki ngebul tersebut dapat mengeluarkan asap ketika dikonsumsi diketahui berdampak buruk bagi kesehatan.

"Sensasi asap yang dikeluarkan menjadi hawa dingin dapat mengakibatkan radang tenggorokan, luka bakar, kerusakan kulit, serta tenggorokan yang terbakar".

"Bahkan sampai kerusakan ginjal. Oleh karena itu, anak – anak maupun masyarakat di Wilayah Hukum Polsek Sukahaji Polres Majalengka dihimbau untuk tidak mengkonsumsi chiki ngebul"ujarnya.

Tak lupa, Ia juga menghimbau agar anak – anak untuk rajin belajar,selalu menghormati orang tua dan juga guru di sekolah, semoga anak – anak berbakti kepada orang tua,bangsa dan Negara dan tercapai cita – citanya,"tutup AIPDA Jaenal.

Ditempat terpisah, Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi melalui Kapolsek Sukahaji AKP Rudy Djunardi mengatakan, Kegiatan yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas merupakan Kepedulian Polri Kepada Kesehatan warganya,"tambahnya.

Jelang Pilkades, Sinergitas TNI - Polri Sambangi Aparatur Desa Ajak Jaga Stabilitas Kamtibmas


Majalengka, Menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Khususnya di Wilayah Kecamatan Sindangwangi, Sinergitas Polsek Sindangwangi Polres Majalengka bersama anggota Koramil menyambangi Aparatur Desa dan mengajak untuk bersama sama menjaga Stabilitas Kamtibmas.

Seperti yang terlihat, Kapolsek Sindangwangi Polres Majalengka IPTU Wili Rukwili didampingi Kanit Intelkam dan anggota Koramil menyambangi Kantor Desa Lengkong Wetan Kecamatan Sindangwangi Kabupaten Majalengka, Jumat (27/1/2023).

Dalam kesempatan tersebut,Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi melalui Kapolsek Sindangwangi IPTU Wili Rukwili mengatakan, pihaknya akan terus menjalin silaturahmi dengan aparatur Desa maupun warga ini merupakan upaya aparat dalam menciptakan kondusifitas dalam mengahadapi pilkades.

"Pihaknya akan terus upayakan langkah - langkah dalam menciptakan kondusifitas jelang pilkades, salah satunya melakukan pendekatan dengan tokoh formal maupun informal sehingga benar benar tercipta situasi yang tertib dan aman,"ujarnya.

Polisi Sahabat Anak, Bhabinkamtibmas Polsek Sindangwangi Sambangi Anak - Anak Kober Fahman Wasian


Majalengka, Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Sindangwangi Polres Majalengka Bripka Dani Suanda melaksanakan Kegiatan Polisi Sahabat Anak dengan menyambangi anak anak Kober Fahman Wasian yang sedang beristirahat yang berada di Desa Balagedog Kecamatan Sindangwangi Kabupaten Majalengka, Jumat (27/1/2023).

Kegiatan Polisi Sahabat Anak merupakan salah satu program kepolisian untuk mendekatkan diri kepada anak-anak. Termasuk menghindari anak-anak takut terhadap polisi.

Bhabinkamtibmas Bripka Dani Suanda dalam kesempatan tersebut menyisipi pesan Kamtibmas pada anak anak agar tidak membeli jajanan Ciki Ngebul karena dapat membahayakan Kesehatan,"tuturnnya.

Selain itu, Ia juga apabila ada orang yang tidak dikenal memberikan makanan maupun minuman dan mengajak bermain agar anak anak segera memberitahukan kepada ibu guru disekolah,"imbaunya.

Ditempat terpisah, Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi melalui Kapolsek Sindangwangi IPTU Wili Rukwili mengatakan, dengan berinteraksi secara langsung diharapkan anak-anak lebih mengenal sosok polisi. Sehingga anak-anak paham bahwa polisi bukan sosok yang ditakuti namun merupakan sahabat bagi anak-anak."pungkasnya.

Patroli Dialogis, Polsek Panyingkiran Binluh Kamtibmas Kepada Warga Binaan


Majalengka, Upaya Menjaga dan memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat yang Aman, Kondusif, terus dilakukan Personil Polsek Panyingkiran Polres Majalengka Bripka Aang bersama Briptu Vera melaksanakan kegiatan sambang di kepada msyarakat Desa Bantrangsana Kecamatan Panyingkiran Kabupaten Majalengka, Jumat (27/1/2023).

Dalam sambangnya, kali ini Bripka Aang menyampaikan himbauan kamtibmas, serta memberikan pesan agar warga masyarakat waspada terhadap pencurian kendaraan serta bencana alam.

Tidak hanya itu, ia juga meminta agar warga masyarakat selalu berkomunikasi Polsek ataupun Petugas Desa Bantrangsana guna menciptakan Desa Bantrangsana selalu aman nyaman.

Sementara itu, Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi melalui Kapolsek Panyingkiran IPTU Asep Rohendi mengatakan bahwa dengan melakukan sambang daerah binaan dan selalu hadir di tengah tengah warga utamanya para pemuda maka Bhabinkamtibmas akan menjadi lebih dekat dan mengenal warganya masing-masing yang ada di daerah binaannya, sehingga tercipta keharmonisan dan keterbukaan serta menumbuhkan kesadaran dan partisipasi para pemuda untuk peduli terhadap kamtibmas.

"Selain untuk memberikan himbauan kemananan dan ketertiban kepada masyarakat kegiatan ini bisa lebih dekat dan akrab kepada warga binaan, sehingga dapat dan mampu menciptakan suasana yang aman dan nyaman,"ujarnya.

Jalin Silaturahmi, Personil Polsek Cikijing Sambangi Desa Sukamukti


Majalengka - Dalam menjalin sinergitas antara Polsek Cikijing Polres Majalengka Polda Jabar dengan Pemerintahan Desa, Ps. Panit Samapta III Aiptu Agus Sriwandono dan Ps. Kasie Humas Bripka Deby melaksanakan sambang ke Balai Desa Sukamukti, serta dialogis dengan Perangkat Desa Sukamukti, Kacamatan Cikijing Kabupaten Majalengka. Jumat (27/01/2023).

Sementara itu, Aiptu Agus Sriwandono menerangkan bahwa, kegiatan sambang merupakan suatu langkah Polisi untuk lebih meningkatkan peran serta masyarakat, dalam memelihara Kamtibmas yang ada disekitar lingkungannya, karena pada dasarnya Polisi tidak akan bisa bekerja sendiri dengan tenaga, pikiran, dan kemampuannya dalam menyelesaikan semua permasalahan yang ada ditengah-tengah masyarakat, tanpa adanya peran aktif dari masyarakat."tuturnya.

Ditempat terpisah, Kapolres Majalengka, AKBP., Edwin Affandi, S.I.K., M.H., melalui Kapolsek Cikijing, Kompol., Romdani, S.H., menyampaikan himbauan Kamtibmas, dan juga mengajak para Perangkat Desa untuk lebih meningkatkan kewaspadaan, dan kepedulian terhadap lingkungan masing-masing, serta mengajak para Perangkat Desa untuk ikut menciptakan situasi Kamtibmas, dan meningkatkan kebersamaan, serta kekeluargaan diantara sesama warga.

Apabila Perangkat Desa, maupun warga yang mengetahui adanya hal-hal yang bisa menimbulkan terjadinya gangguan Kamtibmas, hendaknya segera mungkin menghubungi Bhabinkamtibmas, ataupun segera melapor ke Polsek Cikijing, agar dapat diantisipasi sedini mungkin, dan tidak sampai menimbulkan suatu keresahan ditengah-tengah masyarakat" ujar Kapolsek.

Menindaklanjuti Program Quick Wins Presisi, Kapolsek Leuwimunding Tak Pernah Letih Edukasi Para Pelajar


Majalengka, Dalam rangka program Quick Wins Presisi, Kepedulian jajaran Polsek Leuwimunding Polres Majalengka Polda Jabar terhadap generasi penerus sudah tidak diperlu diragukan lagi yakni dengan melakukan sambang ke lingkungan pendidikan, Jum'at (27/01/2023).

Pada kesempatan tersebut Kapolsek Leuwimunding IPTU Budi Wardana bersama Kanit Binmas Polsek Leuwimunding Aipda Nana Suherna dan tiga personil lainnya menyambangi SMPN 3 Leuwimunding Kabupaten Majalengka dengan bertemu dan bertatap muka dengan para guru, dan para murid yang ada di sekolah tersebut.

Sementara itu, Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi melalui Kapolsek Leuwimunding IPTU Budi Wardana menyampaikan bahwa "Sebagai salah satu langkah dan wujud nyata kepedulian Polsek Leuwimunding terhadap perkembangan generasi penerus adalah secara rutin melakukan kegiatan sambang terhadap lingkungan pendidikan yang ada diwilayah Kecamatan Leuwimunding, guna melakukan pembinaan terhadap para pelajar maupun terhadap para guru."

"Disamping itu, kami pun memberikan himbauan dan sampaikan pesan-pesan kamtibmas yakni meminta agar para guru meningkatkan kewaspadaan dan kepedulian terhadap lingkungan sekaligus meminta supaya para guru memberikan pengawasan terhadap siswa-siswinya karena pada saat ini sedang marak kejadian kenakalan dan kekerasan terhadap anak," ungkap Kapolsek Leuwimunding.

Jaga Kondisi Tubuh Sehat dan Bugar, Polres Majalengka Gelar Senam Bersama


Majalengka, Dalam menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar dan sehat, Polres Majalengka menggelar senam bersama yang diikuti Seluruh Personel Polres Majalengka juga ASN Polres Majalengka di Lapangan Apel Polres Majalengka, Jumat (27/1/2023).

Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi menyampaikan pelaksanaan kegiatan senam bersama ini merupakan wujud perhatian kepada personel yang selalu melaksanakan kegiatan preemtif untuk menjaga kondusifitas Kabupaten Majalengka,"pungkasnya.

Dalam menjaga kondusi tubuh agar tetap sehat perlu menjaga kondisi tubuh dari pola makan, istirahat, dan olahraga. Ini merupakan bentuk perhatian sekaligus bersama sama saling menjaga kebugaran tubuh masing masing personel, " ungkap AKBP Edwin Affandi.

Tak kenal waktu dan selalu siap dalam mengatasi situasi, personel wajib mempunyai mental yang baik dan ramah kepada masyarakat merupakan pribadi bhayangkara sejati.

"Saya menghimbau agar tetap menjaga kondisi tubuh dan selalu semangat sehingga tugas dan tanggung jawab kedepan yang semakin berat dapat dilaksanakan dengan baik serta masyarakat tidak khawatir dengan keadaan situasi kamtibmas di wilayah Kabupaten Majalengka ini, " imbuhnya.

Peduli Kesehatan, Kapolsek Rajagaluh Serukan Edukasi Larangan Mengkonsumsi Ciki Ngebul di SDN 1 Cisetu


Majalengka, Terkait kasus anak yang diduga keracunan makanan berasap dengan Nitrogen cair atau ciki ngebul yang sempat viral di beberapa daerah.

Menindaklanjuti kejadian itu, Kapolsek Rajagaluh Polres Majalengka Polda Jabar IPTU Rusli Iskandar bersama para Kanit Polsek Sindangwangi dan personil lainnya menyambangi beberapa sekolah dasar, salah satunya di SDN 1 Cisetu yang berada di Kecamatan Rajagaluh,Kabupaten Majalengka, Jum'at (27/01/2023).

Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi melalui Kapolsek Rajagaluh IPTU Rusli Iskandar menerangkan bahwa Jajaran Polsek Rajagaluh saat ini tengah menyambangi sekolah-sekolah dasar untuk mengingatkan kepada siswa siswi, para guru dan pemilik kantin tentang bahaya memakan jajanan berasap dengan Nitrogen cair atau ciki ngebul.

"Selain itu, Pihak kepolisian juga dalam hal ini Jajaran Polsek Rajagaluh meminta kepada para guru atau staf pengajar agar pada saat upacara nanti bisa menyampaikan larangan tersebut kepada semua siswa siswi sekolah, supaya mereka semua mengetahui bahaya dari mengkonsumsi ciki ngebul atau Ice Smoke," ujar Kapolsek Rajagaluh.

Pangdam XII/Tpr Ikuti Ziarah Peringati HUT ke-66 Pemerintah Provinsi Kalbar


Kuburaya Kalbar- Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Sulaiman Agusto, S.I.P., M.M., mengikuti ziarah ke Taman Makam Pahlawan Dharma Patria Jaya, Kubu Raya. Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-66 Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat. 

Ziarah rombongan dipimpin langsung Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, S.H., M.Hum. Diikuti jajaran Forkopimda Prov. Kalbar serta para Kepala Organisasi Perangkat Daerah dan para ASN di lingkungan Pemprov. Kalbar.

Kegiatan ziarah ditandai dengan peletakan karangan bunga oleh pimpinan ziarah di depan monumen Taman Makam Pahlawan Dharma Patria Jaya dan usai upacara dilanjutkan dengan penaburan bunga di pusara makam para Pahlawan oleh para peziarah. 

Kapendam XII/Tpr Kolonel Inf Ade Rizal Muharram menjelaskan, pelaksanaan kegiatan ziarah rombongan pagi ini di Makam Pahlawan Dharma Patria Jaya dilaksanakan dalam rangka memperingati hari jadi Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat yang ke-66.

"Adapun tujuannya untuk menghormati dan mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan NKRI, sekaligus mendoakan arwah para Pahlawan agar diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa," jelas Kolonel Inf Ade Rizal Muharram. 

(Sumber:Pendam XII/Tpr)

Program Doktor Unhan RI Gelar Sidang Terbuka Promosi Doktor Promovendus Laksma TNI Suharto, S.H., M.Si.(Han) Mahasiswa S-3 Cohort 3 Konsentrasi Strategi Pertahanan


Bogor, Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan RI) menggelar Sidang Terbuka Promosi Doktor Ilmu pertahanan untuk Promovendus Laksamana Pertama TNI Suharto, S.H., M.Si.(Han). Sidang terbuka dibuka oleh Ketua Sidang, Direktur Pascasarjana Universitas Pertahanan RI Mayjen TNI Dr. Joni Widjayanto, S.Sos, M.M., CIQnR., CIQaR., CIPA sekaligus penguji internal I.

Sidang terbuka dilaksanakan di Aula Merah Putih (AMP) Kampus Bela Negara Unhan RI, Kawasan IPSC Sentul, Jawa Barat. Kamis, (26/1/2023).

Promovendus Laksma TNI Suharto, S.H., M.Si.(Han) memaparkan disertasinya dihadapan Ketua Sidang, Promotor maupun penguji dengan judul disertasi "Pengembangan Diplomasi Pertahanan Indonesia di Negara-Negara Pasifik Selatan guna Memperkuat Dukungan Integrasi Papua Dalam Rangka Menjaga Keutuhan Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia".

Dalam sidang promosi doktor ini sebagai Dewan Promotor Laksdya TNI Prof. Dr. Ir. Amarulla Octavian, M.Sc., DESD., ASEAN Eng. (Promotor)  
Dr. Herlina Juni Risma Saragih, M.Si., CIQnR., CIQaR. (Co-Promotor I) Mayjen TNI (Purn) Dr. I Gede Sumertha KY, PSC, M.Sc. (Co-Promotor II).
Sementara itu, sebagai Penguji Internal, Mayjen TNI Dr. Joni Widjayanto, S.Sos., M.M., CIQnR., CIQaR., CIPA. (Ketua Sidang/Penguji Internal I), Laksma TNI (Purn) Dr. M. Adnan Madjid, S.H, M.Hum. (Penguji Internal II), Prof. Drs. Anak Agung Banyu Perwita, M.A., Ph.D. (Penguji Internal III), Kolonel Arm Dr. Robby Mochamad Taufik, S.Pd., M.Pd. (Sekretaris Sidang/Penguji Internal IV).
Adapun sebagai Penguji Eksternal Prof. Aleksius Jemadu, Ph.D. (Penguji Eksternal I), Prof. Dr. Willy Arafah, M.M., DBA. (Penguji Eksternal II).

Hasil sidang memutuskan bahwa Promovendus Laksma TNI Suharto, S.H., M.Si.(Han) dinyatakan lulus Cum Laude dan berhak menyandang gelar Doktor llmu Pertahanan ke-25. Dalam rangkaian Sidang Terbuka juga diserahkan sertifikat kelulusan dari Ketua Sidang kepada Laksma TNI Dr. Suharto, S.H., M.Si.(Han)

Sidang Terbuka Promosi Doktor merupakan bentuk dari seorang yang telah berhasil menuntaskan studi program doktor yang sudah diteliti nantinya akan dipertanggung jawabkan dalam tugas akhirnya. Program Doktor Universitas Pertahanan Republik Indonesia melakukan promosi doktor kepada Laksamana Pertama TNI Suharto, S.H., M.Si.(Han) yang saat ini, menjabat sebagai Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) XII Pontianak. 

(Sumber:Dispen Lantamal XII)


 

Naas, Seorang Pria Asal Desa Lingga Ini Tewas Tenggelam Akibat Kecebur Kesugai Saat Memancing Udang


Kuburaya Kalbar-
Pria berinisial AA (19) warga Desa Lingga dilaporkan meninggal dunia lantaran tercebur kesungai ketika memancing udang pada Rabu 25/1/23 lalu.

Korban bersama tiga temannya diketahui memancing udang di aliran sungai ambawang di lokasi Dermaga PT. Pundi, Desa Kuala Mandor A, Kecamatan Kuala Mandor B, Kabupaten Kubu Raya.  

Kapolres Kubu Raya AKBP Arief Hidayat, S.H., S.I.K., melalui Kasubsie Penmas Polres Kubu Raya Aipda Ade menjelaskan, Kejadian naas itu bermula korban bersama ketiga temannya memancing udang di aliran Sungai Ambawang pada pukul 19.20 Wib, Rabu malam.

Karena tidak membuahkan hasil, Korban bersama temanya mengemaskan pancingan dan hendak pulang. Naas, diduga terpeleset, korban tercebur kedalam sungai, sontak Rio teman korban berteriak dan mengatkan "AA tercebur", bergegas Hartono dan Ciko menuju ke lokasi jatunya korban.

"Ketiga teman korban sempat melakukan pencarian di lokasi jatuhnya AA dengan cara turun kesungai, namun tidak membuahkan hasil, terang Ade. kamis 26/1/23.

"Dengan dibantu Satpam PT. Pundi Abdullah dan Paulus pada pukul 20.15 Wib, korban ditemukan di lokasi yang tidak jauh dari tempatnya terjatuh kedalam sungai dengan kondisi meninggal dunia. Pencarian Koban kurang lebih satu setengah jam, terang Ade.

Untuk memastikan, " Korban dibawa ke Puskesmas Lingga, setelah dilakukan pengecekan oleh Pihak Puskesmas AA warga Desa Lingga dinyatakan meninggal dunia, selanjutnya Kapolsek Kuala Mandor B Iptu Agus Suryana yang pada saat itu berada di lokasi langsung menghubungi pihak keluarga korban, kata Ade.

" Informasi dari pihak keluarga, Korban tidak mahir dalam berenang. Pihak keluarga korban menerima dan tidak mepersalahkan peristiwa tersebut secara hukum, dan jenazah koraban sudah diambil pihak keluarganya untuk disemayamkan, tegas Ade   


Sumber:Polres Kuburaya Polda Kalbar

Rabu, 25 Januari 2023

Tetap Kondusif Dengan Lakukan Patroli Bersama Warga

Boyolali. Empat Anggota Koramil 17/Wonosegoro Kodim 0724/Boyolali bersama Polsek Wonosegoro melaksanakan patroli keamanan bersama turun kewilayah binaan untuk memastikan kenyamanan ,keamanan dan menjaga kondusifitas wilayah. Patroli bersama dimulai di Pasar Prapat Desa Garangan Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali. Kamis (26/01/2023).

Pada kesempatan tersebut Sertu Iwan Babinsa Koramil Wonosegoro mengatakan bahwa selain meningkatkan sinergitas aparat keamanan di wilayah juga menambah dan meningkatkan jalinan komunikasi sosial dengan warga di wilayah binaannya, sekaligus mengetahui situasi dan kondisi keamanan di sekitar wilayah binaannya serta memantau kondusifitas Kamtipmas.

Ditempat terpisah Danramil Wonosegoro Kapten Inf Kamami berkata, "Kegiatan patroli bersama di wilayah sangat penting bagi kita, selain meningkatkan sinergitas sesama aparat di wilayah, juga mengetahui kondisi dan situasi sambil memonitor kondusifitas wilayah", ucap Danramil.

Dalam kesempatan patroli tersebut Sertu Iwan mengajak para warga agar selalu menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah masing- masing sehingga masyarakat merasa aman, serta nyaman disaat beraktivitas.

(Agus)

Kali Ini Tokoh Masyarakat Menjadi Sasaran Komsos Serda Rivo


Sragen, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 06/Gondang Kodim 0725/Sragen Serda Rivo Prasetyo melaksanakan giat komsos bersama tomas Ds. Wonotolo dengan sasaran sosialisasi kamtibmas diwilayah Ds. Wonotolo Kec. Gondang Kab. Sragen, Kamis ( 26/01/2023 ).

Menurut Serda Rivo, komunikasi sosial yang dilakukan merupakan sarana silahturahmi antara Babinsa dengan tokoh masyarakat sekitar, guna memupuk kebersamaan dan menimbulkan rasa saling hormat menghormati antar sesama di wilayah binaan.

 "Pentingnya Silahturahmi dengan tokoh-tokoh masyarakat di wilayah binaan ini merupakan suatu bentuk kedekatan kita dengan warga. Dengan adanya komunikasi sosial seperti ini, kita juga bisa menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas" Ucap Babinsa.

Dengan kegiatan ini tentunya diharapkannya dapat terus terjalin sinergitas antara aparat dan masyarakat serta para tokoh masyarakatnya guna memberi inovasi kepada warga sehingga silahturahmi tetap terjalin dengan baik.

(Agus)

Babinsa bersama PPL Lakukan Pengecekan Hewan Ternak Sapi Guna Optimalkan Penanganan PMK


Sragen, Kodim 0725/Sragen melalui Babinsa Koramil 06/Gondang Sertu Warno hingga saat ini bersama PPL Desa Plosorejo masih terus berupaya mengoptimalkan pencegahan dan penanganan Penyakit mulut dan Kuku (PMK) di wilayah Kecamatan Gondang, Kamis ( 26/01/2023 )

Sertu Warno mengatakan pengecekan dan pemeriksaan yang dilakukan Babinsa untuk mengetahui kesehatan hewan ternak warga, termasuk sebagai Langkah antisipasi dan pengawasan penyakit mulut dan kuku jika ada yang menyerang hewan ternak sapi milik warga.

Babinsa juga mengimbau kepada warga maupun kelompok peternak agar selalu menjaga kebersihan kandang dan kesehatan hewan ternaknya serta mengantisipasi datangnya hewan ternak sapi dari wilayah lain.

Kepada warga untuk tidak takut melaporkan ke petugas, jika didapati kesehatan hewan ternak sapinya dengan ciri-ciri keluar air liur berlebihan, lepuh, (lesi pada gusi), luka pada kuku (kuku terlepas), lepuh pada mukosa mulut, lepuh (lesi pada lidah).

(Agus)

Tanamkan Jiwa Nasionalisme, Kapolsek Sindangwangi Berikan Binluh Pada Para Pelajar


Majalengka, Kapolsek Sindangwangi Polres Majalengka IPTU Wili Rukwili bersama Bhabinkamtibmas melaksanakan Pembinaan dan Penyuluhan (Binluh) Kepada Para Pelajar di SMAN 1 Sindangwangi Kabupaten Majalengka, Kamis (26/1/2023).

Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan jiwa Nasionalisme, Patriotisme,serta sikap patuh hukum peraturan perundang undangan.

Kepada para generasi penerus bangsa, serta sebagai penambah motivasi belajar para siswa siswi untuk menjadi insan muda yang cerdas dan bertaqwa, dan mampu bermanfaat bagi masyarakat bangsa dan negara"terang Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi melalui Kapolsek Sindangwangi IPTU Wili Rukwili.

Selain itu, Ia menghimbau kepada siswa siswi jangan mengikuti hal hal negative yang dapat merusak mental dan moral para siswa dan pasti merugikan banyak pihak dan sanksi hukum akan diberlakukan ketika ditemukan kegiatan kegiatan tersebut diatas.

"Tugas para siswa dan siswi adalah belajar dan terus belajar guna menggapai masa depan yang gemilang"tegas IPTU Wili Rukwili.

Sambang Dialogis Ke Warga Binaan, Bhabinkamtibmas Polsek Sukahaji Sampaikan Pesan Kamtibmas


Majalengka, Dalam rangka menjalin kedekatan dengan warga binaanya dan memantau situasi Kamtibmas, Bhabinkamtibmas Polsek Sukahaji Polres Majalengka Briptu Inten Rihhadatul 'Aisy menyambangi warga binaannya di Blok I Desa Cikoneng Kecamatan Sukahaji Kabupaten Majalengka, Kamis (26/1/2023).

Dalam kegiatan sambangnya menemui salah seorang warga binaan Jumadi dan berdialogis seraya menyampaikan himbauan kamtibmas, mengajak untuk ikut berperan aktif dalam menjaga keamanan lingkunganya, selain itu juga menghimbau agar tidak mudah percaya dengan berita hoax yang belum tentu benar beritanya, agar dipastikan dulu sumber dan kebenarannya, pesan Briptu Inten Rihhadatul 'Aisy.

Warga menyambut baik sambang yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Cikoneng, selain wujud kedekatan dengan warganya juga wujud kepedulian untuk menjaga lingkungan agar aman dan kondusif, siap untuk menjaga keamanan dan kerukunan dilingkungan serta tidak mudah percaya berita hoax,"ungkapnya.

Sementara itu, Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi melalui Kapolsek Sukahaji AKP Rudy Djunardi menyampaikan bahwa Patroli sambang merupakan wujud Polri hadir ditengah masyarakat untuk memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

Sehingga kegiatan masyarakat dapat berjalan lancar, aman dan kondusif, patroli dan sambang juga dapat sebagai sarana untuk menyampaikan himbauan kamtibmas kepada masyarakat," jelas Kapolsek AKP Rudy Djunardi.

Sambangi Guru di Sekolah, Kapolsek Sindangwangi Ajak Jaga Harkamtibmas Dilingkungan Sekolah


Majalengka, Salah satu upaya yang dilakukan Kapolsek Sindangwangi Polres Majalengka IPTU Wili Rukwili bersama Bhabinkamtibmas Bripka Dani Suanda untuk terus menjalin kemitraan yang baik dengan pihak sekolah dengan melaksanakan sambang diwilayah, dan mengajak para guru untuk bersama sama menjaga Harkamtibmas dilingkungan Sekolah.

Kali ini, Kapolsek Sindangwangi Polres Majalengka IPTU Wili Rukwili bersama Bhabinkamtibmas Bripka Dani Suanda menyambangi para guru di SMAN 1 Sindangwangi Kabupaten Majalengka, Kamis (26/1/2023).

"Kegiatan ini sebagai wujud Polri selalu ada ditengah-tengah masyarakat serta sebagai wujud kedekatan dan kebersamaan Polri dengan masyarakat khususnya terhadap tenaga pendidik dan juga pelajar"kata Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi melalui Kapolsek Sindangwangi IPTU Wili Rukwili.

Selauin itu, Untuk menjalin kemitraan dan mendekatkan diri dengan dunia pendidikan,"ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut juga Kapolsek menyampaikan pesan kamtibmas agar selalu waspada dalam rangka cegah gangguan Kamtibmas yakni mencegah jangan sampai terjadi tindak pidana pencurian yang menyasar sekolah dan agar mengawasi para anak didiknya,"ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 1 Sindangwangi Ading Rochendi mengucapkan terimakasih atas kunjungan pak Kapolsek ke Sekolah Kami ini, Kami siap untuk terus bermitra dan silaturrahmi juga dalam menjaga Kamtibmas dilingkungan sekolah ini,"ucapnya.

Pasca Terjadinya Erosi tebing Tanah, Kapolsek Sukahaji Lakukan Kordinasi Dengan Pihak BPBD Majalengka


Majalengka, Kapolsek Sukahaji Polres Majalengka AKP Rudy Djunardi didampingi Kanit Binmas AIPDA Karyono bersama Bhabinkamtibmas Briptu Bayu melaksanakan rapat koordinasi dengan pihak BPBD Majalengka tentang rencana tindak lanjut dalam penanganan Erosi tebing tanah milik H. Sutiah bertempat di Desa Cikeusik Kecamatan Sukahaji Kabupaten Majalengka, Kamis (26/1/2023).

Pada hari Selasa tanggal 24 Januari 2023 sekira pukul 16.00 WI di Blok Kliwon Rt 003/002 Desa Cikeusik Kecamatan Sukahaji Kabupaten Majalengka telah terjadi Erosi Senderan Bronjong Tebing Rumah Samping Kiri Milik Ibu H.Sutiah dengan kelebaran 20 Meter dan Ketinggian 5 Meter yang di akibatkan oleh hujan besar.

Rapat Koordinasi dihadiri Kapolsek Sukahaji AKP Rudy Djunardi, Kanit Binmas Aipda Karyono, Bhabinkamtibmas Briptu Bayu Siswantoro, Babinsa Sertu Asep Saepudin, Kadus 2 Desa Cikeusik Mulyadi dan Bapak Iyan selaku pengelola bantuan teknis dan bimbingan teknis BPBD Majalengka.

Untuk tindak lanjut dari BPBD Majalengka sendiri akan mengajukan anggaran ke BNPB pusat dilanjutkan dengan rencana yang terdekat oleh pihak terkait dengan pengikisan cadas agar aliran sungai cimulah menjadi lebih lancar dan lebar sehingga aliran air sungai cimulah tidak mengendap. Ungkap Iyan Selaku 
selaku pengelola bantuan teknis dan bimbingan teknis BPBD Majalengka.

Sementara itu, Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi melalui Kapolsek Sukahaji menyampaikan Rakor ini dilaksanakan dalam rangka antisipasi bahaya bencana alam di musim penghujan. Mengingat wilayah Kecamatan Sukahaji khususnya di Desa Cikeusik menjadi salah satu daerah rawan bencana alam saat musim penhujan tiba.

Kapolsek Sukahaji AKP Rudy Djunardi mengatakan, kehadirannya dalam acara tersebut untuk saling berkoordinasi antisipasi bencana alam susulan. Terutama antisipasi timbulnya korban jiwa.

"Kami ingatkan kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap bencana alam yang tidak menentu kapan datangnya. Terlebih saat musim penghujan, sehingga saat terjadi hujan deras berkepanjangan warga yang berada di daerah sisi tebing dan sekitarnya untuk melakukan evakuasi ke tempat yang dirasa aman agar tidak timbul korban jiwa apabila terjadi tanah longsor," katanya.

Saat itu, Kapolsek Sukahaji berpesan kepada masyarakat untuk tetap selalu waspada juga terhadap bahaya gangguan kamtibmas. Polri mengajak masyarakat ikut serta membantu tugas Kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban yang aman dan kondusif.

"Masyarakat juga harus selalu waspada terhadap bahaya kriminalitas dan gangguan kamtibmas lainnya dalam rangka memelihara Harkamtibmas di wilayah hukum Polsek Sukahaji," katanya.

Bhabinkamtibmas Polsek Panyingkiran Sambang Warga Desa Binaan Wujudkan Kemitraan


Majalengka, Bhabinkamtibmas Polsek Panyingkiran Polres Majalengka tetap semangat melaksanakan sambang di desa binaanya Desa Bonang Kecamatan Panyingkiran Kabupaten Majalengka.

Bhabinkamtibmas Desa Bonang Polsek Panyingkiran Polres Majalengka Bripka deni Untuk mewujudkan kondusifitas kamtibmas diwilayah binanya melaksanakan sambang desa binaan sekaligusu membangun sinergitas dan kemitraan diantara aparat keamanan dan warga masyarakat, Kamis (26/1/2023).

Dengan kegiatan seperti ini yang langsung turun ke desa binaannya agar warga masyarakat menyampaikan setiap informasi atau permasalahan sekecil apapun yang terjadi di Desa agar dilaporkan kepada aparat Desa dan Bhabinkamtibmas untuk dipecahkan bersama -sama apabila tidak bisa di selesai secara kekeluargaan baru di laporkan ke Polsek untuk penanganan lebih lanjut" jelas Bripka Deni.

Ditempat terpisah, Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi melalui Kapolsek Panyingkiran IPTU Asep Rohendi menyampaikan bahwa bhabinkamtibmas untuk selalu menjalin komunikasi dan membangun kerjasama dengan segenap lapisan masyarakat untuk mewujudkan kamtibmas yang aman dan kondusif serta kehadiran Polri dapat dirasakan oleh masyarakat yang mempunyai tugas sebagai pelayan, pelindung dan pengayom masyarakat,"tuturnya.

Bhabinkamtibmas Polsek Cingambul Gotong Royong Tutupi Tanggul Yang Jebol Bersama Warga


Majalengka, Bhabinkamtibmas Polsek Cingambul Polres Majalengka Bripka Indra bersama warga bergotong royong untuk menutupi tanggul yang jebol yang berada di Desa Binaannya Desa Ciranjeng Kecamatan Cingambul Kabupaten Majalengka, Kamis (26/1/2023).

Kegiatan ini sebagai upaya warga bersama aparat Kepolisian untuk mengurangi luapan air yang mengalir ke pemukiman warga.

"Dengan turut serta gotong royong, Pihak Kepolisian khususnya Bhabinkamtibmas dapat menjalin kemitraan dengan warga"tutur Bripka Indra.

Ia juga mengatakan bahwa kegiatan kerjabakti membantu warga untuk menanggulangi banjir di wilayah Cingambul."imbuhnya.

Sementara itu, Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi melalui Kapolsek Cingambul IPTU Budiman Hidayat menambahkan, bahwa kehadiran Polri dilapangan dan turut serta dalam kegiatan masyarakat, sebagai upaya menjalin silaturahmi dan meningkatkan  kepercayaan masyarakat kepada Institusi Polri."tambahnya.

Polisi di Majalengka Gelar Binrohtal Dengan Materi Nasihat Kehidupan

 
Majalengka, Bag SDM Polres Majalengka Polda Jabar  menggelar Kegiatan rutin Pembinaan Rohani dan Mental (Binrohtal) terhadap seluruh personel Polres Majalengka di Masjid Jamiusholihin dan Polsek Jajaran Polres Majalengka diikuti secara Virtual.Kamis (26/1/2023).

Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi melalui Kabag SDM Polres Majalengka Kompol Dadan Sudirman menerangkan, Dalam pelaksanaan Binrohtal Kali ini diisi acara oleh Ustad Baban Ahmad Fuad dari Kelurahan Cicenang Kabupaten Majalengka dengan mengambil materi Nasihat Kehidupan.

"Agama merupakan salah satu pedoman kehidupan manusia. Agama mengajarkan kebaikan-kebaikan bagi pemeluknya. Agama Islam merupakan agama yang mengajarkan berbagai hal dan juga kebaikan-kebaikan yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Setiap detail kehidupan manusia sudah di atur di dalam agama Islam".

Bagi umat muslim, menjalani hidup sesuai dengan ajaran agama adalah suatu kewajiban dan keharusan. Hal ini karena agama memiliki ketentuan-ketentuan yang tidak boleh di langgar dan di anjurkan untuk di taati. Ada banyak nasehat agama tentang kehidupan seperti apa yang seharusnya manusia jalani dengan baik.

Agama islam memberikan ajaran-ajaran yang berfungsi untuk menata pribadi manusia dan juga kehidupan manusia agar berjalan dengan baik. Kita sebagai manusia hendaknya tahu hakikat di ciptakannya kita di dunia ini oleh sang Maha Semesta.

Semoga dengan Kegiatan Binrohtal ini Para personil memiliki prinsip atau pedoman bahwa hidup ini hanyalah sementara, tentu akan menjalani kehidupan dengan sebaik-baiknya dan melakukan hal-hal serta kebaikan-kebaikan yang bermanfaat,"tutur Kompol Dadan Sudirman.